Galau Tata Rias

Melanjutkan kegalauan saya tentang MUA, 89,99% saya sudah menetapkan pilihannya, meskipun belum confirm, tapi Insya Allah saya sudah sreg mau pake salah satu MUA yang saya bahas di postingan saya sebelumnya…

Untuk adat nya nanti, karena saya dan cami sama2 orang jawa (Idamannya mama punya menantu sama2 orang jawa..hiii), jadilah kita pake adat jawa. Orang tua saya dua-dua nya dari Yogyakarta, kalau cami campuran purwokerto dan pacitan, Jadi untuk adat riasannya nanti mau pakai adat yogyakarta. Adat riasan yogya sendiri ada 2 jenis yaitu : yogya putri dan paes ageng .

Nah ciri kas pakem tata rias paes yogya  ini bentuk paesnya adalah lancip-lancip, kalau tata rias solo bentuk paesnya tengahnya (penunggul) agak cembung..

1. Yogya Putri

Jogja PutriJoga Putri2Kalau riasanya yogya putri, itu paesnya lebih kelihatan hitam, dan lebih terlihat simpel ga ribet.. suka banget simpel kaya gini..

 

2. Paes Ageng

Nah kalau paes ageng nih, beda nya ada tempelan prada emas nya di cengkorongan nya, lebih wahh sih kelihatannya riasan putri keraton jogja, cuma nggak tau cocok nggak kalau di aplikasiin ke muka saya yang buled ini.. selain itu bentuk sanggulnya beda dengan paes ageng, kalau yogya putri kesamping, kalau paes ageng pake sanggul bongkor dibelakang..

Sanggul Bongkor

 

biasanya, kalau urutan adat jawa itu, dari midodareni dan akad itu rias yogya putri, dan untuk resepsi di hari besoknya pake paes ageng..

Berhubung saya ga pake midodareni, akad dan resepsinya digabung dalam satu hari, pengennya sih pagi akad dengan yogya putri, dan siang nya resepsi pake paes ageng.. Cuma belum tau periasnya sanggup nggak dalam waktu kurang dari 2 jam merubah tata rias dari yogya putri ke paes ageng..kalau cengkorongan paesnya sih mungkin tinggal di tambah prada emas nya, tapi untuk ngerubah sanggulannya itu loh..

Huhuhu.. semoga bisa…

Kalau ga bisa ya terpaksa milih salah satu…huhuhu.. bingung

Leave a Reply

