Part of my body that I want to change

Jika ada yang menanyakan kepada saya bagian tubuh mana yang ingin saya rubah atau saya perbaiki, maka saya akan menjawab mata saya. Bukan karena ingin mengubah bentuknya, warna bola mata atau ukurannya, tapi koreksi fungsinya untuk melihat secara normal.

Sejujurnya saya mulai merasa tergangu dengan ketidarnormalan penglihatan saya. Koreksi penglihatan sudah saya lakukan dengan menggunakan kacamata minus. Benda tersebut sudah saya gunakan sejak saya duduk dibangku SMP dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari wajah saya sejak saat itu. Benda yang pertama saya cari saat saya bangun tidur dan tidak pernah saya lepas selain pada saat saya mandi dan sholat.. Benda yang membuat bekas hitam pada hidung saya karena menggunakannya terlalu lama..Benda yang membuat muka saya lelah dan kepala menjadi berat apabila sudah terlalu lama menggunakannya…

Saya tidak bisa nyaman melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air, Ketika keluar dari ruangan yang bersuhu dingin saya seperti disemprot gas dan membuat kacamata saya berembun, ketika naik motor hujan-hujan bukan hanya helm yang harus saya wiperkan dengan tanggan saya tapi juga kacamata saya. Tapi itu adalah konsekuensi yang harus saya ambil dari ketidaknormalan penglihatan saya.

Entah mengapa minus mata saya semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia saya. Sekarang saya menggunakan kacamata dengan minus mata kanan -5,25 dan mata kiri -5,5. Serem yah.. tapi kenyataanya lebih menyeramkan karena minus mata saya lebih besar dari itu. Saya tidak lagi punya keberanian untuk memeriksakan minus mata saya ke dokter mata. Saya memutuskan untuk berhenti menuruti minus yang semakin bertambah pada kacamata saya.

Sehari-hari saya bekerja di depan computer, tapi ada kalanya saya ditugaskan sebagai fasilitator yang menuntut saya untuk presentasi atau melihat tulisan jarak jauh dilayar. Dan sekarang saya merasa amat terganggu dengan ketidaknormalan penglihatan saya. Kemarin saya agak shock begitu tahu dengan kacamata yang saya gunakan sekarang, ketika saya duduk dibangku paling depan tapi saya tidak bisa melihat tampilan tulisan dilayar depan SATU KATA PUN. Hanya terlihat kumpulan huruf berbayang berwarna hitam. (tampilan Microsoft word). Padahal saat itu saya diminta membahas tulisan didepan layar itu.

Sebelumnya, ketika memaksa saya harus presentasi, saya memilih untuk presentasi sambil duduk melihat dengan dekat tampilan tulisan dilaptop saya, meskipun sejujurnya saya lebih nyaman presentasi dengan berdiri. Kalau terpaksa harus berdiri, saya sering kali menyipit-nyipitkan mata saya untuk melihat jelas tulisan dilayar. (walaupun tidak ngaruh juga). Saya tidak mau menambah minus mata pada kacamata saya lagi, apakah saya harus berhenti menjadi fasilitator? karena jujur saya tidak bisa memberikan yang optimal.

Mungkin sekarang saya minus 6 keatas kali ya.. bisa 7, 8, 9 atau 10.. (nangis dayak).. Pernah denger juga kalau wanita yang minus 5 ke atas disarankan untuk tidak melahirkan secara normal, karena mengeden terlalu keras bisa menggangu saraf-saraf matanya.

Kepengen banget bisa dikoreksi menggunakan teknologi LASIK dan terbebas dari kacamata. Tapi biaya lasik sekarang bisa mencapai 20 jt. Hiks..hiks.. Tapi sayang gak sih uang segede itu digunakan buat memperbaiki mata…karena disamping itu kita juga pasti punya prioritas kebutuhan lain,,,

Tadi sempet browsing tentang operasi LASIK. Operasi lasik bisa dilakukan dibeberapa tempat seperti di Jakarat eye center (JEC), Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung, atau di Klinik Mata Nusantara (KMN). Liat di rumah sakit mata cicendo bandung harga operasi lasiknya 20 juta.. huhuhu.. belum obat dan konsul dokternya…. Baca di beberapa forum di internat ternyata di negeri Indonesia ini banyak banget ya orang yang punya minus mata tinggi dan butuh operasi LASIK.

Baiklah kita tunggu saja biaya operasi lasik sampe semurah biaya pasang behel atau operasi mata katarak😀

Kalau tetep mahal juga.. ya berdoa aja moga-moga nanti punya usaha pom bensin 3 biji…wekekekek…

Selain bisa operasi Lasik juga bisa naek Haji …Aamiin🙂

Anyway, buat kalian yang masih punya penglihatan normal, bersyukurlah, karena saya dan ratusan atau bahkan ribuan orang laiinya pengen punya penglihatan normal seperti kalian..

Leave a Reply

