Seleksi Tes PCPM BI XXXI (part 1)

Proses ini bermula dari kekecewaan gw terhadap hasil pengumuman pendanaan beasiswa dalam negeri di kantor gw, nama gw gak lolos.. hikss.. Padahal SIMAK UI nya lolos, dan sebenernya yang membuat kiciwa adalah ketika mendengar dari temen gw bagian SDM nya bilang, pada saat awal, nama gw masuk di ranking yang diterima..tapi tahun ini ada perubahan kebijakan yang memprioritaskan USIA yang lebih TUA untuk diprioritasin, dan akhirnya rankingnya di ubah lagi, nama gw tergusur di cadangan ke-4… Hiks..nyesekk..

The problem is kenapa prioritas tertingginya berdasarkan usia? Usia itu diperoleh secara harfiah, bukan karena perjuaaan atau usaha? Lain hal nya kalau yang diprioritaskan nilai toefl atau IPK atau nilai TPA, yang memperolehnya karena ada usaha buat dapat nilai itu. Dan kenapa Usia yang lebih tua? dari segi waktu berkontribusi setelah lulus kuliah, bukannya yang lebih tua akan lebih sedikit waktunya untuk mengabdi kembali. Dan yang usia/masa kerjanya sudah lama, kenapa baru setelah 5 tahun/10 tahun kerja baru terfikir untuk berusaha memperoleh ilmu akademik yang lebih tinggi. Ya sudahlah.. memang bukan rejeki gw buat sekolah di tahun ini :))

Akhirnya, pas akhir juli kemarin ada rekrutmen PCPM BI (Penerimaan Calon Pegawai Muda – Bank Indonesia). Yes my dreaming office. Dulu kalo magang di Indosat, pulangnya ngelewatin kantor BI, sambil ngeliatin gedung-gedungnya gw bertanya-tanya bisa gak ya gw kerja disini..hihiih.. Here are proses seleksinya

Tahap 0 – Seleksi Administrasi
Gw mulai daftar PCPM BI tanggal 28 Juli 2013. Tahap ini hanya pengisian form saja. Data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, kemampuan bahasa asing dan alasan ingin masuk BI. Kriteria kelulusan tahap ini mungkin hanya melihat apakah yang diisikan pada formulir sesuai/tidak dengan persyaratan pendaftaran.

Tahap 1 – Tes kemampuan Umum
Tanggal 17 Agustus 2013, dapet email untuk ikut tes Kemampuan umum which is tes nya pada hari rabu di hari kerja, galau beraat. Di satu sisi gw pengen ikut, tapi kerjaan gw lagi banyak. Dan di hari itu gw juga harus presentasi hasil kerjaan gw. Pacar support banget supaya gw bisa ikut tes hari rabu itu. Tapi keputusan akhir yang gw ambil dengan berat hati, gw ikhlaskan untuk tindak melanjutkan tes ini, dengan pertimbangan karena gw terikat tanggung jawab di sini, maka kerjaan gw ini dulu yang harus gw prioritasin.

tahap 1Ternyata eh ternyata, minggu depan ada push email masuk lagi ke HP gw, yang isinya reschedule jadwal tes..  yeiiyy.. cinta dah gw sama experd.. Jingkrak2 gw,,hari itu sebenernya ada gladi resik buat acara senin, akhirnya jam 1 siang gw izin dari gladi resik langsung cus ke depok, pulang tes balik lagi ke kantor ampe jam 11 malem nyiapin buat acara hari senin. ppftt . Demi BI
Tahap 1 revisiTes tahap 1 ini luar biasa.. hahaha.. selesai tes gw syokkk.. soal ujian nya booo.. ada 10 bagian dalam tes tahap 1 ini, kita diminta mengerjakan soal tiap-tiap bagian dengan waktu yang terbatas, dan apabila kita sudah habis waktu untuk mengerjakan dibagian itu, kita tidak boleh mengerjakan bagian sebelumnya. Pada tiap bagian nanti kita akan diberikan penjelasan dan contoh cara mengerjakan soalnya. Sebenernya soalnya mudah tapi concern disini adalah masalah WAKTU. Karena waktu nya bener2 cepet banget, baru ngisi beberapa nomer langsung stop, pindah bagian, stop, pindah bagian. Meskipun tidak mungkin untuk bisa menyelesaikan semua soal, tapi kita dituntut mengerjakan soal dengan cepat, tepat dan teliti. Total waktu buat tes kemampuan ini hanya 1 jam.
Soal tiap bagiannya kira-kira seperti ini :
1. Menghafal gambar . Kita diberi waktu sekitar 1 menit untuk menghapal 20 gambar, soalnya pada halaman berikutnya adalah ada gambar yang diacak dan kita harus mengisi nomor gambar sesuai hafalan kita tadi.
2. Mencari bagian yg hilang dlm sebuah gambar sebanyak 10 soal.
3. Deret angka, mencari angka selanjutnya.
4. Mencari angka yg hilang dan huruf yg double 20 soal.
5. Mencari susunan angka yg sama dan tidak sama 20 soal.
6. Menyusun pecahan2 seperti persegi, persegi panjang 10 soal.
7. Mencari kata yg tidak sepadan dr 4 kata 20 soal.
8. Mencari huruf yg sepadan dr 3 kata seperti uang – kaki – piring, pilihan jwbn : M – T – P, jwbn yg cocok : M (Mata uang, Mata kaki, piring Makan)
9. Seperti mencari garis dan titik yg berbeda.
10. Lupaa.. hahhaa..

Tidak ada sistem minus, jadi ketika waktu uda mau habis, gw langsung nembak beberapa nomer ke bawah. Karena ketika pengawasnya bilang stop. Pinsil harus diletakan di atas meja, tidak boleh dipegang lagi atau curi-curi waktu buat ngisi lembar jawaban. Kalau ketauan masih ngisi lembar jawaban akan didiskualifikasi.

Oh ya disetiap tahapan tes kita diminta untuk membawa kelengkapan berkas administrasi yang diinfokan pada saat pengumuman, kartu peserta, ijasah, transkip, toefl, ktp, skck dll. Dan setiap tes kita harus selalu pake kemeja putih dan bawahan dengan celana/rok hitam.. hihihi..

Untuk pengalaman tes tahap 2 dan selanjutnya berlanjut ke sini (please click here).. hehehehe.. uda kepanjangan ceritanya

Leave a Reply

