Extra Virgin Olive Oil (Evoo)

Extra Virgin Olive Oil (Evoo) adalah salah satu jenis minyak zaitun yang memiliki kualitas paling tinggi. Disebut virgin oil karena minyak ini merupakan perasan murni dari buah zaitun tanpa dicampur bahan-bahan kimiawi dan diproduksi secara alami. Karena merupakan perasan pertama, evoo ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang baik.

Minyak zaitun ini diambil dari buah zaitun. Pohon zaitun atau nama botaninya adalah Olea Europea tumbuh di puncak bukit. Ia mendapat sinar matahari baik di waktu matahari terbit maupun sewaktu matahari terbenam, sehingga pohonnya subur dan buahnya menghasilkan minyak yang baik. Pohon ini banyak ditanam di daerah Mediteranean, area penanaman yang paling utama adalah di Spanyol, Turki, Italia, Tunisia dan Morocco.

zaitun

Minyak zaitun ini punya banyak banget manfaat, baik untuk kecantikan, kesehatan dan juga sebagai bahan masakan. Karena sudah ada beberapa manfaat evoo yang gw rasakan langsung, kayanya ini bakal jadi “must have product” nya gw. Ini dia beberapa manfaat evoo :

1. Evoo ini dapat dipakai untuk melembabkan kulit. Kulit gw termasuk jenis kulit yang kering dan sensitif. Kalo kulit kering itu bikin gampang gatal dan alergian. Dan evoo ini bener-bener membantu gw untuk melembabkan kulit dan menjauhkan kambuhnya alergi gw. Gw pakai evoo ini from head to toe dan untuk mendapatkan kelembapan yang optimal biasanya gw campur juga dengan jhonson & jhonson body lotion. Sebaiknya evoo ini dipakai rutin dimalam hari aja sebelum tidur, karena evoo ini sensitif terhadap segala panas, termasuk panas matahari. Khasiatnya menurun dan beberapa kandungan bisa berubah menjadi kandungan yang berbahaya.

2. Gw pakai juga evoo sebagai pelembab bibir buat mengatasi bibir kering dan mengelupas. Evoo juga bisa dicampur dengan gula pasir sebagai scrub bibir, untuk mendapatkan kulit bibir yang halus dan sehat (tapi yang scrub ini gw belum pernah nyoba, pakai nya hanya di oles aja). Dan katanya juga bisa memudarkan warna bibir yang terpigmentasi akibat pemakaian lipstik, kopi atau rokok.

3.  Untuk make up remover gw juga udah cobain. Lebih bersih pake evoo daripada make up cleansing yang lainnya. Evoo nya di tetesin ke kapas, trus dipake buat bersihin muka, nah liat sendiri deh, kotoran dan bekas make up yang keangkat kaya gimana..

4.  Evoo ini juga bisa dipake buat rambut supaya lebih lembut dan mudah diatur. Jadi evoo nya di olesin di ujung-ujung rambut aja 1 jam sebelum keramas, hanya di ujung-ujung rambutnya, jangan semua rambut di pakein evoo loh, selain boros nanti jadinya klimis deh.. ikikik.. Nah pas keramas tinggal dibilas deh, dan taraa jadi jinak deh rambutnya.. ekekek

5. Untuk menghilangkan jerawat diwajah katanya juga bisa. Tapi belum nyoba, karena muka gw cenderung jarang jerawatan. Karena jerawatnya pada pindah ke punggung :(  jadi evoo nya gw olesin ke punggung juga..

6.  Gw juga suka olesin evoo ke alis sama bulu mata, berharap alis gw tambah tebel dan buku mata gw tambah panjang, tapi kayanya belum ngaruh tuh. hahahha…

7. Memudarkan stretchmarks dan bekas luka. Di oleskan aja kebagian tubuh yang ada stretchmarks dan bekas lukanya secara rutin. Lumayan loh buat mudarin bekas luka alergi gw T_T

8. Manfaat jangka panjangnya, evoo juga berfungsi untuk melambatkan proses penuaan, membersihkan kulit  dan melindungi dari bakteri.

Selain di oleskan ke bagian tubuh, evoo ini juga bisa diminum karena punya berbagai manfaat juga untuk kesehatan.  Manfaatnya antara lain untuk menguatkan daya ingatan, menguatkan empedu, mencegah masalah pencernaan, mengubati penyakit wasir dan impotensi, membantu masalah haid, menghilangkan racun dalam tubuh, mencegah pertumbuhan sel-sel kanser, menurunkan kadar gula dan kolesterol, mencegah penyakit kencing manis serta bermacam-macam khasiat lagi untuk kesehatan manusia. Tapi gw belum pernah nyoba minum, eneg banget kayanya nelen minyak itu.. ekeke.. Tapi someday mau nyoba ah..`Tips setelah baca-baca dari female daily, evoo nya dipakai sebagai selai roti tawar, biar ga eneg banget kalo di minum sekaligus gitu..

Untuk diet juga bisa pake minyak zaitun, bikin ga laperr katanya, Karena uda eneg nelen minyak nya itu kali yah… hihihi

Minyak zaitun ini juga digunakan sebagai campuran bahan makanan. Karena sensitif terhadap panas, sebaiknya minyak zaitun tidak digunakan untuk menggoreng, hanya sebagai campurannya saja. Misalnya untuk dressing salad atau campuran untuk makanan yang sudah matang.

Kemasan evoo ini ada yang berupa botolan atau kaleng. Dan gampang didapetin di toko-toko kaya carefur, giant atau hypermart. Cari aja dibagian minyak goreng. Selain itu juga bisa dicari di tempat yang jual oleh-oleh haji untuk yang kemasan kaleng. Merek evoo ini macem-macem-macem diantaranya bertoli (Itali), filippo berio (itali) , le riche (algeria), borgess (spanyol),  al-amir (spanyol). Apapun merekanya yang penting EXTRA VIRGIN. Dan jangan lupa di cek masa kadarluarsanya..

524-114714 Al Amir 175ml-500x500

Untuk harganya lumayan lebih tinggi dari minyak biasa. Tapi sebanding lah dengan manfaatnya. Untuk yang merek al-amir gw pernah beli  yang 125 ml  itu hargaya Rp 30.000,-. Kalo yang merek bertoli harganya 34.000,- something untuk kemasan 250 ml. Yang bertoli agak lebih encer daripada yang al-amir, jadi lebih memungkinkan kalau mau diminum.

Nah banyak banget kan manfaat evoo, jadii buang aja lulur, masker, make up remover, lip balm, conditioner, cukupp pake evooo.. 1 produk buat head to toe :D  hehehe…

Oh ya  bahwa buah zaitun itu punya berbagai manfaat ternyata dijelaskan loh dalam Al-Quran. Di dalam Al Quran, buah zaitun disebut sebanyak 7 kali yaitu 2 kali zaitun itu disebut sendirian sementara 5 kali disandingkan dengan beberapa buah lain seperti kurma, delima, anggur dan buah tin (fig).

Zaitun adalah pohon yang diberkati. Allah SWT telah bersumpah dengannya, dalam surat At-Tin (95:1-2); “Demi tin dan zaitun. Dan demi bukit Sinai”

Allah SWT juga memujinya dalam Surah An-Nur(24:35) ; “…yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi. Yaitu pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur dan tidak pula di sebelah barat. Minyaknya saja hampir-hampir menerangi walaupun tidak disentuh api”

Jadi… minyak zaitun ini sifatnya alami, halal dan diberkahi..

Selamat mencoba menggunakan evoo…

10 comments

  1. Udah nyobain sekali ini minum evoo yg kenteell, eneg pake banget! Mikir2 lagi kalo dibuat rutin hahaha

    1. Iya.. emang begitu mba karena belum biasa aja..
      Saya lagi berhenti konsumsi evoo udah 1 bulan belakangan ini, tidak ada efek samping apa2 sih, cuma khawatir aja kalau pemakaian jangka panjang akan berdampak tdk bagus ke organ tubuh saya lainnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s