Pertolongan Pertama Penderita Asma

images

Beberapa hari lalu temen sekantor gw ada yang asma nya kambuh.. dan panik karena kita semua nggak tau apa yang harus dilakukan kepada penderita asma.. Menjelang makan siang, tiba-tiba denger suara orang gedubrak gedubruk turun tangga (dalem hati gw ini siapa sih lari-lari ditangga), tiba-riba mba tri muncul dari balik pintu dan bilang, “ada yang bisa nolongin nggak? nidya asma nya kambuh”

Langsung aja itu seruangan gw dilantai dua pada panik, mas tino dan lain2 lari ke atas, gw lari ngambil kotak obat, minyak kayu putih, minyak tawon juga segala gw bawa, hahah.. (padahal nggak ngaruh juga). Pas gw naek ke lantai tiga, si nidya uda terkapar di karpet kesakitan. Terus kita semua bingung, ini diapain?? ada yang usul bawa ke klinik Balkes, digotong aja rame2 si nidya dari Lt.3 ke Lt. 1 nya,. tapi si nidya geleng2 gak mau.. mau dibawa ke RS juga gak mau, di telp ke rumah suru bawa obat asma juga dia geleng2 kayanya ga ada orang juga dirumahnya, dia merintih aja ga bisa ngomong apa2.. Lah terus piye..

Sampe berapa menit kita masih bingung, tadi mba tri uda ke temen gw lainnya yang punya asma di Lt.1 tapi dia ga bawa juga obatnya, dan gw herannya si orang ini kenapa tidak merekomendasi apa yang harus kita lakukan kalo ada orang yang kena asma.

Kita semua pada ngerubungin nidya, sampe dia ngerasa pengap kali ya, gerakin tangannya ngasi tanda buat buka jendela.. akhirnya kita cuma berusaha nenangin nidya dan nyemangatin buat maksa nafas pelan2. Kita longgarin kerudungnya dengan harapan dia ga tambah sesek…But itu ga berhasil, sampe akhirnya nidya mulutnya terbata-bata gitu nyebut ventolinn apotik.. (bener gini gak sih tulisannya)..

langsung.. cari ventolinnn di apotik cepetaaan !!!.. gw uda ngeri aja, tangan sama kakinya nidya uda mulai biru.. Mas kiki lari ke apotik, mas yuyu ke balkes.. cepet2an.. gedubrak gedubruk lari dari lantai 3 ke lantai 1, begitu dapet ventolinnya lari lagi dari lantai 1 ke lantai 3 (lumayan bikin diet nih mas kiki), begitu dapet ventolyn nya di hisap sama nidya 4x, langsung ilang sesek nya… wihh ajaib..

Ya ampun, lain kali nidya harus ngajarin kita gimana caranya pertolongan pertama ke orang asma. Asma adalah penyakit pada saluran pernapasan dimana paru-paru (bronchial tubes) mengalami pembangkakan dan terbatasnya kemampuan bernapas. Otot dinding cabang tenggorokan mengetat, dan saluran pernapasan orang asma menghasilkan kelebihan lendir yang menyumbat jalan napas. Dari hasil kejadian kemarin yang harus dilakukan saat ada yang asma nya kambuh :

1. Jangan Panik
2. Cari ventolin ke Apotik
3. Sambil menunggu ventolyin datang, dudukan orang tersebut setengah duduk, belakangnya dikasi bantal buat penyanggah. (Jangan tiduran, makin susah nafasnya)
4. Longgarkan pakaian yang mengetat..
5. Jangan dikerubungin, makin susah dapet oksigen
6. Semangatin buat coba tarik nafas pelan-pelan
7. Kalo uda pake ventolyn tidak berhasil, cepetan bawa ke RS..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s