Live with eksim

Well.. dari hasil searching di internet, I definitely sure kalo alergi gw kemarin itu adalah eksim.. Eksim atau eczema atau adalah peradangan kulit akibat reaksi hipersensitif (respon berlebihan) terhadap alergen (pencetus timbulnya reaksi alergi) dari luar (eksogen) maupun dari dalam tubuh penderita (endogen). Pada umumnya eksim ini sifatnya kambuhan..

Faktor penyebab eksim ada yang bersifat eksogen dan endogen..

  1. Faktor eksogen (dari luar), misalnya: faktor fisik (suhu, gesekan, sinar, dll), bahan kimia (deterjen, semen, oli, bahan pakaian, dll), mikro-organisme (kuman, virus, jamur, parasit), dan lain-lain.
  2. Faktor endogen (dari dalam), misalnya dermatitis atopik, dimana pada dermatitis jenis ini dijumpai adanya riwayat atopi atau riwayat alergi (misalnya asma, rhinitis alergika dan berbagai bentuk alergi lainnya). Stress diduga dapat memicu timbulnya (atau kekambuhan) eksim.

Tahun kemarin gw pertama kena eksim dan gw stressnya nggak ketulungan ngeliat kulit gw jadi begini, pertama kulitnya merah dan berasa panas, beruntusan kaya biang keringet, dan gatel banget.. kalo lagi gatel terus kegaruk, ada cairan bening dan cairan tersebut bikin menyebar, lama-lama kulit jadi kering banget, terus dia mengeras kaya ada lapisan kulit baru, jadi warna hitam, dan mengeropeng kecil-kecil banyak (sekecil diameter jarum). Serem banget kan.. Nyokap gw aja sempet ngira gw di jahatin orang karena liat penampakan kulit gw kaya gitu.. wkwkw

Uda berkali-kali ke dokter, tapi dokter cuma bilang alergi doang T__T. Tahun kemarin yang ampuh berobat ke Medika BSD, ampe tes lab apa ada jamur/bakteri segala dan hasilnya juga nihil, terus diresepin 5 obat, kalo gw tebus semua ampe diatas 500rb, akhirnya cuma gw tebus 1 salep namanya inerson. Salep ini sebenernya uda dicoret dari daftar resep dokternya, terus diganti nama salep lain. Tapi dari daftar itu, cuma salep itu yang masih bisa gw jangkau akhirnya gw beli salep itu. Rp 32.000/pcs. dan lama-lama sembuh pake si inerson itu… Bekasnya pun hilang…

Kambuh yang kedua ini segala macem obat gw coba, baby oil, caladine, heroxyin, hydrocortisone, tapi semuanya ga ngaruh.. (nggak kepikiran inerson) pake caladine, baby oil dan heroxyin malah nambah kulit gw tambah kering. Sembuhnya pas berobat ke Siloam Karawaci, dikasi salep racikan dan salep ikagen. Lumayan hasilnya, tapi ketika gw mulai stop pake salep itu kambuh lagi gatelnya. Dan karena anjuran dokternya, gw ganti produk sabun dan body lotion ke produk baby, karena sabun dewasa bikin kulit tambah kering.

Berasa banget pake sabun dan body lotion baby, kulit jadi moist. Karena kalo kulit kering itu bikin gatel, biasa nya kalo mulai bentol gatel lagi, gw templokin body lotion bayi agak banyak eh ilang gatelnya. Intinya untuk menyembuhkan atau mencegah eksim kita harus buat kulit kita lembut jangan sampe kering.

Semenjak stop pake salep dari dokter dan gatelnya mulai kambuh lagi, akhirnya gw pake Extra Virgin Olive Oil (Evoo), minyak zaitun murni perasan pertama, kebetulan waktu 2 tahun lalu orang tua gw naek haji, nyokap beli minyak itu. Biasanya gw pake kalo abis luluran aja, pas kemarin gw pake efeknya luar biasa ke kulit dan eksim gw… malemnya gw pake (tadinya masih ada kulit yg kering) eh besokmya kulit keringnya banyak yang mengelupas dan kulitnya juga ga kasar lagi.. Tapi pas gw liat expired date kalengnya, ternyata uda kadarluwarsa.. hahaha.. Akhirnya beli lagi dengan merek yang sama

Sebenernya bekas eksim itu lama-lama bisa pudar dengan sendirinya, tapi gw baru beberapa hari pake Evoo, lumayan lah perkembangannya. Ade gw juga sempet comment pas liat kaki dan tangan gw uda sangat mendingan. Padahal sebelumnya ngeri bgt bentuk kulit gw, Kayanya perlu dilanjutin nih pemakaian evoo secara rutin….

Untuk penderita yang eksim nya lagi kambuh, coba deh pake evoo dan ganti pake produk bayi (Jhonson baby lotion dan jhonson baby milk bath).. Jangan pake caladine, heroxyin, baby oil, atau salep jamur (pernah dikasi salep jamur, dikira jamur sama dokter nya, akhinya malah makin parah eksim gw)..

Dan untuk pencegahannya jauhi faktor pencetus eksim nya, dan jaga kelembapan kulit.. semoga berhasil🙂

8 comments

  1. olive oil evoo nya beli di mana ya? hehe.kalo olive oil nya mustika ratu kira2 mempan ga? aku pakenya itu>< tapi jarang kupake di kulit tubuh, biasanya dipake di rambut sebelum keramas huhu.

  2. Extra Virgin Olive Oil (Evoo) bisa dibeli di supermaket besar kaya giant, hypermart, carefur, cari aja say di bagian minyak goreng itu… mereknya ada macem2 kaya bertoli, borges, fillipo berio.. tapi yang tulisannya “extra virgin”..
    Aku waktu make di kulit tubuh pas lagi alergi aja say,, sekarang udah gak dipake di kulit,.tp masih di konsumsi minum 1 sendok tiap hari😀

    1. di kotaku mall besar kaya gitu jarang, palingan giant. okelah nanti aku cari>< dan oiya kak, wajar ga sih kalo kulit tubuh kering+sensitif tapi kulit wajahnya berminyak, gampang jerawatan+sensitif? hehe soalnya aku ngerasa aneh aja kok kulit tubuhku bisa kering gitu.
      tapi terimakasih atas rekomendasinya kak!^^

      1. Kayanya sih kulit wajah beda dengan kulit tubuh deh….
        jadi mungkin aja kalau kulit tubuhnya kering tapi wajahnya berminyakk..

        Untuk kulit tubuh coba rutinin pake body lotion biar kulitnya tetep lembab sama banyakin minum air putih say…

  3. hi mba ak tertarik sm blog mu ini krn ak jg sm seperti yg dirimu alamin. ak udh pake evoo tp knp mlh jd kluar ya gatel sm bentok bentol merah tp ini ukurann besr. ak jg udh k dktr pake salep racikan minum interistin ctivzen dll. udh gk kambuh lg eh skrng mlah kambuh lg yg ak sndiri gk tw knp bs kambuh???😢😢skrng obt dktr sm salep jg udh gk mempan.. ad usul ate saran gk ya mba.. mksh

    1. Kemarin sempet kambuh jg sih tapi ga parah, aku banyakin minum air putih sama rutin di olesin salep inerson tipis tipis..
      Kalo aku perhatiin, aq sering kambuhnya tuh pas bulan agust/september, pas pergantian ke cuaca panas gt.. kamu gt jg gak?
      boleh add aja line aku : vebriyantidewi

      1. iya ak jg kyny gtu. cm ak pas kambuh tuh pas pake lulur slama udh gk kambuh mkny brani pake lulurr. awalny ak gk tw klo ini eksim. cm tw gatel ja krn slama ini gk pnh gatel ky gini. ak ud 30 thn pas gtel pas ud nikah sm py anak ja. mungkin krn mls ngrwt body x. tp pas ak ngrwt bdn dr pake sbun embe,lulur dll nlh kena eksim gini😦. oia ak udh add line ny. klo gk repotin ak mw sharing. ak jg skrng pake inerson sm pake lotion yg pelembabny byk ktny klo eksim kulit jng sampe kering. ak jg pake phsiogel lotion tp gl ngaruh mlh pake mustika ratu yg olive oil yg ijo gatelny mlh ilang ya cm bekas yg ky bentol merah trs kasar msh da wlwpun item bntukny. sengaja luluran buat ilangin flekny mlh kambuh gatelny😦.. ap gk bs di ilangin ya bekas ny.. malu jg ak trmsuk kulit yg putih😦 jd jelas ngt klo budukan :p

Leave a Reply

