Welcomee back masalah kulit

Stresss deh kalo punya kulit sensitif kaya gw.. kalo pas imune tubuhnya ga baguss.. mulai deh gatel2 di tubuh… Gak tau ini kulit kenapa sensitif banget ya, yang lucu kalo pas lagi ngobrol sama temen2 kosan gw, dan ada nyamuk, gw uda nari saman tepok kanan kiri garuk sana garuk sini, temen gw masih asik aja ngobrol dengan tenang ga ngerasin kalo ada nyamuk disitu..

Gatel pertama itu dileher, bentol merah kecil sebesar satu ruas jari, (kemungkinan ini gara2 parfurm yg gw semprotin ke leher atau cream muka yang gw pake di leher), tapi makin lama makin lebar dan tambah berutusan.. dan minggu2 kemarin itu gw memang sedang berurusan dengan debu2 karena gw pindahan gedung kantor dan pindahan kosan..

Pas hari senin (26/8) gw mulai packing berkas2 berkas inaktif yang debu2 nya setebel bedak bencong harus dipilah2 untuk sebagian dibawa ke gedung baru, sore nya gw ngurus pindahan kosan juga..

Tempat tidur dikosan baru itu kan kaya dipan dari kayu-kayu gitu dan mulai copot kayu bawahnya, akhirnya gw ga mau pake tempat tidur itu daripada gw tiba2 pas lagi tidur malem-malem jatoh gedubruk.. akhirnya kayu2 nya gw copotin gw gotongin ke bawah tangga.. and biar ga bolak balik ke bawah  tangga, gw bawa kayunya sekaligus banyakan, gw gotong lah setumpuk setumpuk.. selesai beres-beres kosan gw mandi.. terus gw dapet seprei juga dari kosannya, karena gw belum bongkar tas akhirnya gw pake seprei kosan dulu..

dan subahnallah.. malemnya gw kebangun dan ga bisa tidurr lagii.. badan gw merinding dan beruntusaan… rasanya gatel bangett.. the most gatel that i ever felt… bentol-bentol merah banyak di tangan kaki punggung perut… ada bentol yang kecil2 ada juga bentol yang lebar kaya kena ulat bulu gt..dan hawanya juga dari kmrn2 itu panas nya luar biasa, pagi nya berutusan gw ilang.. dan seprei pun gw ganti pake seprei gw, besoknya malem rabu gw bisa tidur agak tenang karena gatel nya berkurang…

Hari kamis paginya akhirnya gw ke dokter di salah satu klinik di komplek batan itu, dikasi cetirizine sama salep dexametasone, malemnya gw kembali gataal seluruh tubuh, salep dexametone nya ga mempan, akhirnya gw beli herocyin.. pake herocyiin bikin kulit gw makin kering -.- ‘

hari jumat gw pulang kerumah dan malemnya gw langsung berangkat ke banjar karena temen gw ada yang nikah, lumayan berkurang gatel nya karena gw pake herocyn, tapi ya itu kulit gw makin kering dan gw ga berani pake handbody karena kulitnya lagi kaya gini..

Senin selasa rabu gw kembali packing-packing berkas2 dikantor.. setaiap debu ditangan mulai tebel, gw bolak balik kamar mandi buat cuci tangam, malemnya masih gatel tapi gw tahan aja gw pakein herocyn terus -.- apa gw biang keringet, berutusan dan rasanya panas didalem tubuh gw, pake kipas angin ga enak, ga dipake panas. Kamis jumat gw pindahan ke gedung baru, buka bongkaran kardus berkas yang kemarin di packing dan di gedung baru ruangan gw belum ada AC nya -.-“

hari sabtu gw pulang kerumah, nyokap gw syok liat badan gw kaya TKW yang abis digebukin, akhirnya gw disuruh pake caladine, dan itu gak ngaruh, malah bikin kulit gw panas dan tambah kering..akhirnya disuruh ke dokter, tapi dokter spesialis kulitnya baru ada hari senin -.-‘ kalo ketemunya dokter umum lagi mah ga sama aja dong..

hari minggu gw pergi kondangan paginya dan ada acara walimatu safar pakde gw yang mau berangkat haji, terus ketemu bude gw yang dari jogja, bude gw bilang itu gatelnya kaya gatelnya bude kalo gula nya lagi tinggi. Towewew., gw adalah keluarga turunan diabetes. Dari keluarga bokap, alm mbah putri kena gula, anak pertama mbah (bude) kena gula, anak kedua (pakde) uda meninggal, anak ketiga (pakde) kena gula, anak keempat (bokap) alhamdulilah ga kena dan jangan sampe kena, anak ke lima (om) kena gula, anak ke enam (om) kena gula juga, anak ketujuh dan kedelapannya nggak. Gw langsung paniiikkk.. aaaamasaaa sih budeee gula??

Serem aja diumur segini kena gula, dan nggak nutup kemungkinan aja umur masih muda kena gula, soalnya ada temen smp gw yang meninggal gara2 gula, dan sepupunya temen gw umur below 30 juga udah ketergantungan suntik insulin. Bokap dari dulu wanti2 banget supaya gw olahraga dan jangan makan manis berlebih karena kita diabetes carier, dan bokap juga rutin ngajakin kita buat donor darah terus. Selain untuk terus memperbaharui sel darah di dalem tubuh juga semacam cek up rutin, setiap kita donor kita diambil darahnya untuk pemeriksaan di lab, dan ketika darahnya mengandung penyakit tertentu, termasuk diabetes, maka kita akan diberitahu pihak PMI nya dan ga boleh donor lagi.

Semoga bukan gula, semoga bukan gula, terus minggu itu gw balik ke kosan dan mampir ke klinik buat diperiksa lagi dan minta tes gula buat memastikan kalo itu bukan karena gula darah,, dan ternyata tutup sodara sodara -.-‘ tambah stress gw besok jam 3 pagi harus berangkat ke purwodadi dan hari rabu baru pulang.. pengen cancel berangkat ko ya nanti bikin repot orang.. tiket PP uda dibeli pulak..

Di purwodadi, gw bingung mau minum obat apa? takut ga cocok atau bertentangan dengan alergi gw..  hari senin pagi minum cetirizine terus gw mules, hari kedua minum cetirizine pandangan gw berasa kabur… dan kembali kalo malem badan gw merinding pori-pori kebuka dan gatel.. ditambah lagi selimut nya itu ada benang2 yang rontok.. ga tau itu selimut dari bahan apa tapi banyak rontokan benang kecil2 dikasur, gw merinding juga ngeliatnya kaya bulu kucing rontok gitu tapi warna merah. Akhirnya gw tidur pake mukena.. gak mau tangan sama kaki bersentuhan langsung dengan selimut dan kasur yang kena rontokan selimut itu…

Akhirnya hari rabu sore setelah sampe serpong lagi, nyokap bokap dateng ke kosan, rencananya bokap nyokap mau nginep dikarawaci dan bsk pagi nganter pakde gw yang berangkat haji, jadi sembari ke tanggerang mampir ke gw.. terus gw sama nyokap minta rujukan ke dokter deket kosan gw, buat ke rumah sakit, tadinya minta ke persahabatan jakarta, tapi mulai januari 2013 rujukan askes ga bisa langsung ke RS besar tipe A, harus ke RS tipe B (makin ribet aja deh), akhirnya dikasi pilihan beberapa rumah sakit, yang paling meyakinkan sari asih ciputat.

Oke deh sari asih ciputat, besok gw sendiri aja naek motor kesana karena bokap nyokap ga bisa nganter, tapi ga boleh sama bokap naek motor sejauh itu.. kata bokap di daerah karawaci aja biar besok deket kalo mau nganter gw ke RS. Akhirnya gw dikasi obat dan dirujuk ke siloam karawaci. Dan gw pun dibawa bokap nginep dikarawaci. Malemnya gw dikasi minum propolis 7 tetes sama om gw, lumayaan ilang lohh ternyata gatelnya.

Besok paginya setelah rombongan sodara berangkat nganter pakde ke yayasan hajinya.. gw di drop sepupu gw ke siloam.. jam 8 pagi uda nyampe.. tiktuk tiktuk.. paling takut kalo kerumah sakit sendiriii.. jam 9an dokternya dateng, namanya dokter hanna, umurnya diatas 45 tahunan kali yaa.. ditanya lah macem-macem apa aktivitas gw dari pagii.. pake sabun apa, apa ganti lulur.. akhirnya gw ceritain lah asal muasal gatelnya.. yupss it’s definitely alergic and skin disoreder kemungkinan bisa karena debu atau serbuk kayu.. stop pake handbody dan baby oil dulu.. kmrn2 kalo kulit gw kering pake herocyn gw suka pakein baby oil..ternyata itu ga boleh..

Karena kaki, tangan, punggung dan perut gw terimbas banyak, sebelum tambah parah lagi gw suru nyembuhin gatel nya secepatnya, tempat tidur kayu suru ngeluarin dari kosan,,tapi jangan gw yang ngeluarin, nyuruh orang lain aja dan jangan kena debu dulu.. dia minta gw istirahat 2 hari, karena kalo gw buat aktivitas kena debu jalanan, kantor, kosan lagi ga sembuh2. dikasi salep racikan gitu, salep ikagen dan obat minum, dan akhirnya gw diboyong ke rumah sama nyokap..

so far salep racikannya berefek ke gw…gataalnya berkuraaang banyaaakk banget,,,dan bentol berutusannya ga ada yang muncul lagi, kulit gw juga nggak tambah kering pake salep itu..

Tapi gw merasa gatal di leher dan di kaki tangan punggung perut gw itu punya fase yang beda

di leher itu, pertama bentol kecil nya satu / dua dan merah, terus dia bengkak dan melebar bulatan  gitu, bengkaknya lama-lama mengeras, dan jadi hitam, dan kulit gw kering dan mengelupas.. skin disorder kaya gitu pernah gw diliat beberapa tahun lalu di pergelangan kaki alm. eyang putri dari mama, kita menduga eyang putri kelamaan kalo dikamar mandi dan alergi sendal karet yang dipakainya, bentuknya dari mulai bonyok kaya abis ditonjok warna merah sampai kering kehitaman itu persis sama kaya yang dialamin leher gw. setelah beberapa bulan ke jogja lagi gw liat di kaki eyang uda ilang kulit yang keringnya dan uda bersih lagi..

Tapi kalo gatel yang di kaki, tangan , punggung perut itu berutusannya banyaaak kaya biduran tepatnya dan merah, tapi tidak membentuk bulatan hitam gituu.. tapi tetep kering juga,,

Harus inget punya kulit yang sensitif, kalo badan lagi ga sehat mending jangan urusan sama debu atau makan yang aneh2 deh…

2 comments

  1. halo kak! aduh aku jadi pengin ikutan sharing ceritaku hihi. kulitku juga jadi sensitif banget nih. aku ngerasain gatal2 itu sekiranya bulan januari lalu. akhir bulan ke dokter yg ada di kantor ayah, trs dokternya bilang alergi dingin. trs disaranin rajin pake body lotion. tapi beberapa hari kemudian malam2 aku ngerasain gatal bangeeett dan karena refleks, aku ngegaruk bagian gatal dan pagi-pagi hasilnya astaghfirullah, merah-merah bekas meradang gitu T_T pas ke dokter umum dekat rumah, ayah celetuk “tadi malam habis makan cumi dok, alergi cumi kali ya dok?” nah jadilah diasumsikan kalo aku ini alergi seafood (+dingin juga) (tapi untuk ikan kayanya engga deh wkwk, syukurlah) dan mungkin karena secara ga langsung udah disugestikan aku alergi cumi dan dingin, aku gaberani lagi makan makanan2 seafood kaya cumi, udang, dkk sama tidur pake kipas angin. terus aku dikasih salep sama dokternya, gatalnya okelah hilang tapi bekasnya ituuu jadi menghitam dan lama banget memudarnya TTTT
    mau langsung ke dokter kulit, tp dokter kulitnya lagi cuti dan baru buka praktek akhir februari jadilah selama satu bulan itu berjuang melawan rasa gatal2 T_T setelah konsultasi, eh dokternya malah bilang ‘kalo alergi apa saya ga tau, yg ngalamin kan anda ya cari tau sendiri.’ ugh sumpah nyebelin banget tapi yasudahlah ujung2nya saya dikasih salep racikan dokter dan habis dalam 1 minggu. tapi alhamdulillah, bekas2nya jadi memudar walau sampe sekarang belum ilang total>< dan jujur sebenarnya aku juga gatau apa kulitku ini beneran sesntif apa gimana soalnya kalo kulit sensitif itu aku googling katanya kulit sensitif emang udah dari kita kecil dan pas aku telfon mama dan tanya apa dulu aku kecil pernah kena eksim, dia bilang paling cuma gatal2 karena nyamuk huhu.
    eh iya, dokternya juga bilang sih. kulit yg sensitif bisa lebih parah ke orang yg kalo kulit 'aslinya' putih (walaupun lama2 jadi cokelat karena sering kena sinar matahari). tapi gatau juga sih pastinya gimana.

    dan yapp! kalo punya kulit sensitif itu harus benar2 bisa jaga kesehatan tubuh, kalo udah drop sebisa mungkin harus ngembaliin imunitas tubuh gitu kan ya. mungkin alergiku itu kambuh gara2 habis kemah yg menghabiskan banyak tenaga itu kali ya TT

    1. @Slowlybell..
      Iyah.. yang nyebelinnya dari alergi itu, kita kadang nggak tau jelas penyebabnya apa..harus ngira2 sendiri deh kita terakhir makan apa atau melakukan apa..sampe sekarang aku jg masih nggak ngerti waktu itu penyebab real nya kenapa,,,huhuhu..

      Tapi coba deh kamu rutinin pake body lotion..itu kayanya ngefek di aku..biasanya aku cuma pake body lotion abis mandi pagi aja.,,(heheh..males).. sekarang sore/malem aku pakein juga.. Alhamdulilah dari kambuh akhir tahun kmrn sampe sekarang gak kambuh lagi (Jangan sampe deh dateng lagi deh tuh alergi)..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s