Tambah daya gratis – Program PLN

2013-07-31_090742
Beberapa hari yang lalu, bokap ngeliat running text di tivi, kalau PLN sedang ada program tambah daya gratis. Tahun lalu gw pernah denger juga ada program tambah daya gratis dari PLN dan sekarang menjelang Lebaran ada lagi. Katanya sih untuk meningkatkan kenyamanan saat keluarga dan kerabat bersilaturahmi saat lebaran, dan mungkin juga untuk menghindari penggunaan listrik yang ilegal kali yah.

Layanan tambah daya gratis ini berlaku diseluruh Indonesia sampai dengan 31 Agustus 2013. Dan penambahan daya nya dibatasi sampai dengan 3500 VA. Rencananya bokap mau nambah jadi 2200 VA. Untuk daftar tambah daya gratis dapat dilakukan dengan mendaftar online di http://www.pln.co.id, menghubungi (kode area) 123, atau datang ke unit PLN terdekat. Dan saya pun memilih  dengan cara menelpon (021) 123.  Yang diperlukan adalah rekening listrik bulan sebelumnya, nomor pelanggan dan KTP. Kemudian operatornya mencatat data-data yang dibutuhkan.

Setelah tambah daya, pelanggan PLN diminta secara otomatis untuk merubah dari pelanggan pasca bayar (abodemen) menjadi pelanggan prabayar (pulsa listrik), sekarang sistemnya sedang dialihkan ke prabayar semua. Positifnya penggunaan listrik dapat terkontrol dengan melihat kwh meter, minusnya katanya ukuran per kwh prabayar akan lebih mahal dari pascabayar. Tapi ya setidaknya nggak ada lagi tuh, tagihan listrik tiba-tiba bengkak karena petugas nya tidak mencatat kwh meter dengan benar.

Setelah proses telp selesai, nanti kita dapat nomor registrasi, proses tambah daya tersebut sekitar 5 hari. Dan bener free, kita hanya diminta mengisi voucher/pulsa listrik untuk penggunaan listrik di rumah kita minimal 5ribu. (karena gw dari pelanggan pascabayar pindah ke prabayar). Dan katanya nanti akan ada petugas PLN yang akan datang kerumah kita. Operatornya juga berpesan kalau kita dilarang memberikan tips kepada petugas PLN yang nanti kerumah kita.

Gw coba isi pulsa listrik dari nomor registrasi yang diberikan itu via mandiri internet banking ko gagal mulu, nomor pelanggan tidak dikenali. Gw nelp hari senen dan sampai jumat ko ga ada pihak PLN yang menghubungi untuk datang ke rumah. Akhirnya gw telp lagi ke PLN 123. Dan gw takjub, begitu nyambung ke operator, gw belum ngasi tau gw siapa, dia uda tau nama gw siapa, tinggal dimana, ternyata nomer HP gw bisa langsung kebaca disana yahh. Keren yak😀

Gw pun menanyakan usulan tambah daya gw uda sampe mana, ko belum ada petugas yang dateng, Ternyata gw harus isi pulsa listrik dulu, setelah isi pulsa petugasnya baru dateng. Oooo.. ngono tah.. Dan ternyata isi pulsanya tidak bisa di lakukan di mandiri internet banking, untuk daftar pertama harus melalui atm dengan menu pembelian – listrik PLN – pembayaran non tagihan. Setelah itu kalau isi pulsa listrik selanjutnya bisa melalui di mandiri Internet banking.

Akhirnya selang beberapa jam setelah beli pulsa listrik di atm. Ada petugas PLN dari unit terdekat rumah yang nelp mau dateng kerumah. Lalu pada saat proses penambahan daya, kita diminta mematikan listrik seluruhnya dulu sebentar, trus dirubah deh daya nya jadi 2200 VA dan diubah ke prabayar. Tapi petugasnya belum bawa khw meter yang baru buat prabayar, gak tau alesannya kenapa, karena ketemunya sama bokap, tapi petugasnya janji akan datang lagi bawa khw meter yang baru setelah lebaran.

Overall.. Sistem layanan PLN tambah canggih aja, kita ga perlu repot2 dateng ke PLN, ngambil nomer antrian ngantri untuk tambah daya, bisa request dan telp 123,  operator dan sistem nya juga uda canggih.. jempol deh buat PLN kali ini..

4 comments

  1. Nyakin bro GRATIS…….ane telp 123 pertama bilang gratis begitu daftar dapat nomor registrasi sudah happy. Ndak lam di telp lagi bilangnya salah informasi harus ikut prosedure standar aloas bayar. Binggung nih PLN 123 mana yang benar……

  2. Kmrn sih ane kalo untuk penambahan daya nya gratis, nggak dikenakan tarif umum tambah daya per volt nya gt..

    Keluar duit cuma beli pulsa listrik untuk pemakaian listrik kedepannya dan nominalnya terserah kita (minimal 5rb),
    Dan karena ane dr pelanggan pasca bayar mau pindah ke prabayar, kwh meternya diganti, jadi harus beli kwh meternya 50rb…

  3. hi.. info donk klo aku udh dapet no registrasi trus mu isi pulsa dl via atm yg min 5rb itu menu pilihan di atm apa ya, td ke atm abis masuk menu pln/listrik bingung masuk ke menu apa lg… makasih

Leave a Reply

