Pre Interview – Surat Rekomendasi

Menyambung seleksi masuk UI yang gw ikuti sebelumnya disini, ternyata beberapa program studi mensyaratkan ada nya seleksi wawancara, selain tes TPA dan Bahasa Inggris yang sudah diikutin, termasuk program studi yang saya pilih yaitu MM UI.

Tadinya gw sempet pesimis, karena berdasarkan info yang gw denger, seminggu setelah tes tertulis akan ada panggilan wawancara melalui sms bagi mereka yang memenuhi passing grade tes tertulis itu sebagai tes seleksi tahap 2. Jadilah di minggu2 tersebut gw rajin-rajin ngecek hp, tp berkali-kali gw cek ga ada sms panggilan wawancara.😦 Ya uda lah akhirnya gw pasrah aja..

Sampe akhirnya hari jumat minggu ke-2 jam 15.01 ada push email masuk dari HP gw dari bagian admisi nya, tadi nya gw berfikir email tersebut adalah email balasan gw karena waktu itu gw pernah kirim email menanyakan sesuatu tapi bounce back. Eh ternyata itu email panggilan wawancara… Alhamdulilah.. di email tersebut kita diminta datang wawancara hari senen nya dan membawa ijasah dan trankip asli, cv, essay motivasi, dan 2 (dua) surat rekomendasi..

Eng ing eng, dalam waktu 2 x 24 jam yang bukan hari kerja, dakuuh diminta mencari 2 surat rekomendasi. Akhirnya langsung deh menghubungi bu kapus dan pak kabid yang rencannya akan gw minta rekomendasinya. Dan kebetulan mereka berdua ada dirumah di hari minggu. Akhirnya minggu pagi meluncurlah gw dari bekasi ke kantor serpong buat menyiapkan surat rekomendasi. Kalo surat dari bu kapus gw pake format standar yang sebelumnya gw pernah minta ke beliau juga untuk beasiswa, kalo pak kabid isinya berdasarkan email-emailan dengan beliau. Tadinya di kantor gw mau bikin essay motivasi juga tapi tiba-tiba printer kantor bunyi sendiri padahal gw sendirian lohh di kantor (alamakk…langsung merinding gw, masa puasa2 gini ada begituan sih) akhirnya langsung gw matiin komputer dan kunci ruangan kaburrrrrr…

Trus langsung deh siang-siang ke rumah Bu Kapus di Pamulang. and FYI ini adalah record jarak terjauh gw naek motor, kosan – pamulang. biasanya naek motor cuma kosan – kantor 5 km😀. Dari rumah bu kapus gw balik lagi ke kosan karena si pak kabid belum di rumah karena mengantar anaknya yang boarding school di anyer. Baru leha-leha sebentar eh ada watsap dari pak kabid kalau beliau sudah dirumah, akhirnya meluncur lagi lah gw ke pamulang. Hihihihi berasa setrikaan..bolak balik serpong – pamulang… Tapi Alhamdulilah jam 17.00 urusan surat rekomendasi selesai…😀

tinggal bikin essaay motivasi nya ntar malem🙂

Oh ya..contoh surat rekomendasi nya please see below ya…

Contoh Format 1 :

SURAT REKOMENDASI

Menyatakan bahwa nama tersebut di bawah ini :

 Nama                           :  xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

NIP                                :  xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Jabatan                         :  xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Bidang Tugas              :xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Satuan Kerja                :  xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

telah menunjukan prestasi dan loyalitas yang tinggi terhadap satuan kerja, serta berperan aktif dalam mengembangkan program satuan kerja, dan direkomendasikan untuk dapat melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan dan kompetensi satuan kerja kami.

Demikian rekomendasi ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Tangerang Selatan, 14 Juli  2013

Kepala xxxxxx

 CAP TTD

 (nama)

NIP

Contoh Format 2 :

SURAT REKOMENDASI

Yang bertangan tangan di bawah ini :

Nama                              :  xxxxxxxx

NIP                                :  xxxxxxxx

Pangkat/Gol                   : xxxxxxxx

Jabatan                           :  xxxxxxxx

Bidang Kepakaran         :  xxxxxxxx

Instansi                           :  xxxxxxxx

memberikan rekomendasi kepada :

Nama                              :  yyyyyyy

NIP                                :  yyyyyyy

Pangkat/Gol                   :  yyyyyyy

Jabatan                           :  yyyyyyy

untuk dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi di Magister Manajemen Universitas Indonesia, karena ybs telah menunjukkan prestasi yang sangat baik selama bekerja dan memiliki motivasi serta minat yang sangat tinggi untuk melanjutkan studi.

Di jenjang pendidikan S2 tersebut, ybs akan mengambil tema penelitian tentang SDM lembaga riset yang berhubungan sangat erat dengan tugas dan pekerjaan saat ini, serta sangat perlu ditingkatkan kompetensi ybs dalam rangka ikut mewujudkan VISI {nama instansi} sebagai lembaga riset berkelas dunia di masa yang akan datang.

Demikian rekomendasi ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Tangerang Selatan, 14 Juli  2013

 

 Cap TTD

(nama)

NIP

4 comments

  1. Halo
    Saya wulan mahasiswa akhir, saya berminat untuk ambil s2 mm ui. Boleh tau wawancaranya seperti apa? Terimakasih

    1. Maaf Mba wulan baru buka wordpress lagi,.
      Seingat saya waktu itu wawancaranya ada 2 kali, wawancara akademik dan dengan psikolog,
      Wawancara akademik hanya pertanyanyaan standar2 gt, motivasi kenapa milih MM UI, apa lagi ya…hahah.. saya lupa.. sepertinya melihat keseriusan kita untuk belajar di UI, memastikan kalau kedepannya kita tidak akan kesulitan terhadap sistem belajar mengajarnya mereka dan memastikan kita tidak kesulitan terhadap pembiayaan kuliahnya..

      Kalau dengan psikolog saya sudah lupa ditanya apa aja..hehhee..kayanya lebih ke sisi positif dan negatif diri kita dan kemampuan beradaptasi ya..hihihi..

  2. Halo salam kenal, saya kemarin sudah tes SIMAK UI gel. 2 untuk Jurusan Management Umum yang kelas reguler. Itu juga bakal ada tes wawancara? atau khusus yg kelas malam saja? Soalnya di penerimaan UI saya gak dapet info tersebut, mungkin ini prosedur baru ya? trus klo misalnya lulus seleksi tertulis (insyaAllah amin!) kita bakal di hubungin via apa? terimakasih🙂

    1. Waktu itu saya daftar yang kelas reguler dan tetap ada wawancaranya, memang tidak di infokan resmi pada saat awal kalau ada tahapan wawancara, Waktu itu pemanggilan wawancaranya lewat sms dan email.
      Pengumuman lulus seleksinya bisa dilihat di aplikasi SIMAK UI nya mba nanti pas jadwal pengumuman..
      Good Luck ya..🙂

Leave a Reply

