Essai Motivasi

Setelah selesai mengurus surat rekomendasi, akhirnya gw balik ke bekasi lagi, sempet mampir ke karawaci dulu kerumah tante gw, akhirnya baru nyampe rumah jam 9 an. Rasanya ngantuuukk pol.. sampe rumah gw cuma pindah tidur dari mobil ke ruang tv dengan pakaian masih lengkap. Blekkk aja gw tidur.. Jam 11 an malem nyokap bangunin gw suruh pindah tidur ke kamar dan gw langsung melek karena inget belum bikin essai motivasi😀 Akhirnya sim salabim prok prok prok buka notebook sampe jam setengah satu malem jadi juga nih essai. Here it’s *nama disamarkan* :p

” Kebijakan reformasi birokrasi yang di tetapkan oleh pemerintah pada prinsipnya merupakan upaya pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah, yang meliputi aspek penataan kelembagaan (organisasi), penataan tata laksana, dan penataan sumber daya manusia (SDM). Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2SMTP-LIPI) adalah lembaga riset pemerintah yang tengah berusaha menyikapi dan menjawab kebijakan reformasi birokrasi tersebut.

Dalam konteks yang demikian itulah, saya yang bertugas di Subbagian Kepegawaian P2SMTP-LIPI mendapat tantangan untuk dapat melakukan penataan organisasi dan sumber daya manusia yang sejalan dengan kebijakan pemerintah tersebut. Namun pada kenyataan prakteknya, permasalahan organisasi dan SDM di instansi pemerintah saat ini sangat kompleks. Oleh karena itu penyelesaian yang ditempuh selain harus selaras dengan regulasi pemerintah juga harus merupakan suatu tindakan manajemen yang efektif.

Dengan latar belakang pendidikan S1 saya adalah Manajemen, Institut Pertanian Bogor, maka menjadi penting bagi saya untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan saya di bidang manajemen untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas pekerjaan saya tersebut.

Dengan adanya tawaran program studi Magister Manajemen konsentrasi Sumber Daya Manusia (SDM), maka saya mendaftarkan diri untuk dapat diterima dan belajar lebih banyak di program studi tersebut. Banyak universitas di Indonesia yang membuka program (Magister Manajemen) MM nya, namun saya memilih MM Universitas Indonesia, karena MM UI tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menyelenggarakan sistem pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat dari penghargaan internasional yang diterima oleh program studi tersebut. Selain jarak kampus MM UI yang mudah dijangkau dari tempat tinggal saya, proses pendaftaran pascasarjana UI juga cukup memudahkan saya.

Harapan saya adalah saya dapat diterima di program studi Magister Manajemen Universitas Indonesia, dan dengan biaya pendidikan yang menurut saya dalam jumlah yang tidak sedikit tersebut, saya tidak ingin menjadi sia-sia. Sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh LIPI, maka studi saya tersebut akan saya selesaikan selama 2 tahun. Lebih lanjut, selama 2 tahun tersebut saya berharap MM UI dapat membekali saya dengan keahlian menganalisa kasus dan berbagai praktik manajemen terbaik untuk menjawab berbagai permasalahan organisasi dan SDM yang ada, dan kedepannya setelah lulus MM UI ini saya berharap dapat lahir sebagai professional yang bermanfaat dan memberikan kontribusi terhadap pengelolaan SDM dan organisasi di Instansi saya.”

2 comments

  1. Hai mba, kenalkan saya letty…
    Terima kasih uda berbagi mengenai pengalaman mendaftar MM UI.. Rencana saya juga mau daftar ni cuma mau tanya-tanya ni:
    1. Untuk SIMAK UI, bila sudah punya sertifikat TPA dan TOEFL apakah harus tetap ikut SIMAK UI?
    2. Untuk esai motivasi apakah ada ketentuan khususnya? misalnya minimal berapa kata, spasi-font-margin ada aturanya, dll dsb.
    3. Untuk surat rekomendasi apakah ada formatnya dari UI atau formatnya sama seperti yang sudah mba share? Surat rekomendasi dari atasan tempat bekerja atau dari dosen sebelumnya?
    4. Untuk interview kira-kira apa saja yang ditanyakan ya? Apakah yang di interview pasti lolos (alias formalitas saja) atau bisa juga tidak diterima?
    Maaf ni banyak pertanyaannya hehehe… Terima kasih banyak ya mba sebelumnya😉

    1. Hallo letty, maaf ya baru bales lagi
      1. Sepengetahuanku sih iya harus tes SIMAK lagi bareng2, yang ada TPA dan bahasa inggrisnya
      2. Essai motivasi hanya ada ketentuan minimal kata, (lupa jumlahnya kayanya 300/500 kata) kalau batas atas bawahnya ga ada..
      3. Surat rekomendasi bebas formatnya, boleh dari atasan tempat bekerja boleh juga dari dosen univ sebelumnya
      4. Interview itu untuk memastikan kalau kedepannya si mahasiswa ybs saat perkuliahan tidak kesulitan dr segi pembiayaan, waktu perkuliahan, metode pembelajaran, dan budaya kampusnya, jadi kalau tidak ada hambatan dalam hal itu kemungkinan besar lolos,

      Good Luck ya letty..

Leave a Reply

