SIMAK UI Pascasarjana

Akhirnya hari ini gw ikutan SIMAK UI Pascasarjana. Gw dapet ruang ujian di Fakultas Psikologi gedung D Lt.3. Huhahihuheho.. Jam 5.30 dari rumah..Tidur semalem nggak nyenyak, belum belajar, eneg pengen muntah, dan badan agak anget. Tambah deg-degan begitu lihat peserta yang lainnya, wow segini banyak yah orang yang mau kuliah pascasarjana? Mbak-mbak, mas-mas, bapak-bapak, Ibu-Ibu, sampe bumil juga ada loh. Salut deh sama Ibu2 dan bapak2 yang masih semangat ikut tes buat bisa kuliah lagi..

Persiapan Tes
Yang perlu dibawa : Pinsil, Penghapus, Rautan, Pulpen , Kartu Ujian, Kartu Identitas, air minum.. (tempat pensil, papan alas dan jam tangan nggak boleh dibawa ke meja ujian)
Usahakan sarapan pagi..
Pake sepatu dan pakaian bebas rapih (Boleh pake jeans ko)
Hp harus di SWITCH OFF, ga boleh di silent..
Ke toilet dulu sebelum ujian, karena pas ujian kita tidak diperkenankan untuk ke toilet..

Tes Potensi Akademik
Tes Potensi Akademik ini terdiri dari 3 bagian, kemampuan verbal, matematika dan penalaran. Kita diberi waktu untuk mengerjakan soal tersebut masing-masing 50 menit setiap bagian. Dan apabila kita sudah mengerjakan soal bagian selanjutnya, kita tidak boleh kembali mengerjakan soal sebelumnya. Sistem nya pun sistem minus. Kalo salah nilai – 0,2, kalo bener nilai 1, kalau tidak diisi nilai 0. Soal TPA UI ini quite different dengan contoh soal2 TPA yang pernah gw liat. Yang paling parah menurut gw SOAL MATEMATIKANYA, nggak banyak hitung-hitungan angka sih, tapi hitung2annya pakai notasi SEMUA..
jadi nanti jawabannya notasi-notasi mentah gt kaya gini p(x+y)/rs(x-y), eneg banget kan..
Pas waktunya habis, soal matematikannya ada 10 nomer berurutan yang belum gw isi, akhirnya 5 nomer gw tembak huruf D semua, dengan harapan 1 nomer aja ada yang bener. Kalo gw gak isi nilai nya 0, tp kalo gw nembak 5 soal, 1 bener 4 salah, masih dapet nilai 0,2

Jeda Istirahat
Gunakan waktu istirahat mu untuk pipis, makan cemilan dan minum. Cemilan berguna banget untuk mengganjal perut kalo ga mau kelaperan pas ngerjain tes bahasa inggris nya. Bener aja pas lagi ngerjain bahasa inggris perut gw berontak, pengen nelen, ya masa tu soal gw telen juga.

Tes Bahasa Inggris
Tes bahasa Inggris lebih MENYAKITKAN buat gw dari pada TPA nya. Tiga bagian juga, structure, error recognition dan reading. Tidak ada sistem minus jadi usahakan semua soal diisi. Kebanyakan peserta lebih banyak menghabiskan banyak waktu di structure dan error recognitionnya, jadi pas ngerjain reading nya uda kehabisan waktu..
Dan padahal gw uda sebisa mungkin tidak menghabiskan waktu di structure dengan mengisi structure selintas-selintas aja, ga gw cermatiin satu2 grammarnya, tapi tetep aja reading nggak keburu.. Ada 2 reading ( 1 reading 10 soal) yang belum gw baca..dan akhirnya gw nembak bebas dong tuh sisa soalnya..

Di SIMAK UI ini sepertinya selain kita dituntut untuk bisa mengerjakan soal dengan cermat dan benar juga dituntut untuk mengerjakan soal dengan cepat.. Kayanya gw baru kali ini ngerjain soal gak keburu waktunya dan sisanya tuh masih banyak banget yang belum dikerjain di atas 10an lebih..
Belajar nggak belajar kayanya sama aja deh, heheheh.. sama-sama ga bisa ngerjain soal.. yang penting tenang, jangan stress dan relax.. (Karena gw orangnya gampang stress kali ya, biar bs tenang tuh susah banget..)

Ya udalah pasrah aja..I’ve done my best and let trust God do the rest..
Semoga yang terbaik adalah gw bisa diterima di UI, tapi kalo sekarang hal itu bukan yang terbaik buat gw, semoga gw bisa berlapang dada, ikhlas, dan tetap diberikan keberanian dan semangat untuk bs coba lagi di SIMAK berikutnya🙂

Wish me luck ya,
Cheers
DIV

19 comments

    1. Betul bgt.. separah-parahnya soal matematikanya.. jauh lebih menyakitnya reading section bahasa inggrisnya.. Native speakerpun blm tentu bisa ngerjain semua dgn waktu yang diberikan, kecuali mereka yg educated bgt..

    2. Betul bgt.. separah-parahnya soal matematikanya.. jauh lebih menyakitnya reading section bahasa inggrisnya.. Native speakerpun blm tentu bisa ngerjain semua dgn waktu yang diberikan, kecuali mereka yg educated bgt..

      1. Betuull… kayanya itu soal dibuat bukan untuk dikerjaan sampai selesai, tp tetep diminta usaha maksimal kita buat ngerjain soal itu..

        btw jojo ikut SIMAK PASCA kapan? gimana hasilnya?

  1. Haloo Galuh.. Salam kenal juga🙂
    Untuk simak UI nya aku lolos,..tapi pendanaan beasiswa yang dari kantor nya aku ga lolos..
    Jadi gak jadi aku ambil UI nya.. hiks.. hikss 😦 kiciwa berattt..

    Good luck ya SIMAK nya hari minggu besok
    Semoga lolos🙂

  2. wahh makasih nih infonya…
    kebetulan, saya besok jg ikut ujian nya…
    kita berjuang bersama2..
    btw, ada yg tau universitas yg swasta di jakarta yg ada jurusan tentang komputernya?
    buat ancang2 aja. kalo nanti gak ke terima di UI, jadi mau daftar dari sekarang…

      1. Hai dewi, boleh minta email? Aku mau nanya2 tentang simak nih. Hari minggu ini aku ujian. Mohon banget infonya.. makasi yaa

  3. Wahh heee makasih pengalamannya, aku juga mau coba masuk Pasca Sarjana UI. Hemmm benar juga yah, yang penting tenang mengerjakan soalnya. Cayoo..semangat

  4. mbak,,,, matematika seriusan yg pake simbol2 gitu? kayak pelajaran SMA gak sih?😀 mau nyoba ikut nih…. thanx b4

Leave a Reply

