e-KTP dan Mesin Fotocopy

Picture1

Pernyataan Kemendagri kalau eKTP tidak boleh sering-sering difotocopy karena dapat merusak chip RFID akhirnya dibahas juga di mailist kantor. Kebetulan satuan kerja saya waktu itu pernah menguji alat yang memproduksi bahan eKTP, chip RFID nya kalo ga salah di uji di BPPT, ini adalah pendapat dari peneliti di Lab Pengujian terkait eKTP dan Mesin Fotokopi yang saya repost dari mailist kantor..

Struktur e-ktp:
Terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian bawah, tengah dan atas. Bagian bawah sama dengan bagian atas yaitu bahan yang dilapisi suatu material seperti plastik (agar kedap air).

Contoh bagian tengah bisa dilihat pada link gambar di bawah ini:

http://p.globalsources.com/IMAGES/PDT/B1059039131/M1-RFID-Inlay.jpg

Struktur bagian tengah ini yang harus dijaga karena terdapat chip RFID (Radio Frequency Identification), dan antenna. Kalo penasaran mungkin bisa membuka e-ktp masing-masing (hehe..), tapi tidak saya sarankan.

Cara kerja mesin fotokopi
Pada saat menggunakan mesin fotokopi kita menaruh objek yang akan difotokopi di atas kaca fotokopi. Kemudian objek tersebut ditutup oleh penutup mesin fotokopi. Sesaat setelah penutup mesin fotokopi ditutup selanjutnya mesin fotokopi akan menscan permukaan kacanya dengan menggunakan cahaya, yang selanjutnya akan dicetak.

Objek yang difotokopi hanya akan terpapar oleh cahaya dan sebagian pengaruh emisi dari mesin fotokopi (cukup kecil) dan tidak panas (betulkan apabila saya tidak benar..) karena yang panas biasanya hasil fotokopiannya.

Jadi kemungkinan suatu objek rusak karena difotokopi itu kecil.

sumber: http://home.howstuffworks.com/photocopier1.htm

Juru bicara mendagri pun sudah mengklarifikasi bahwa tidak boleh difotokopi itu hanya tindakan preventif, e-ktp sendiri sudah sangat bagus dan melalui berbagai tahapan pengujian.

sumber: http://id.berita.yahoo.com/e-ktp-juga-tak-boleh-distaples-instansi-pelanggar-100812881.html, paragraph terakhir.

Sebagai tambahan e-ktp itu menggunakan standar ISO/IEC 14443 jadi sudah seharusnya tahan banting.

Faktor kemungkinan yang dapat merusak e-ktp menurut pendapat saya :
1. Distaples
2. Dipukul-pukul dengan benda keras/palu
3. Digunting
4. Dilipat-lipat
5. Dibakar

salam
-anb-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s