Transfer melalui Internet Banking Mandiri

Kemajuan teknologi aplikasi e-banking dalam dunia perbankan, saya akui membawa banyak manfaat buat saya. Tidak perlu lagi keluar rumah ke atm atau mengantri di bank untuk melakukan transaksi non-tunai. Beberapa bank yang memiliki fasilitas e-banking diantaranya mandiri, bca, bni, bri, dll. Dulu sempat mengaktifkan sms-banking, tapi ga pernah dipakai, selain lupa dengan passwordnya, mekanisme kode-kode transaksi nya juga lebih ribet..

Untuk dapat menggunakan Internet Banking Mandiri, harus daftar dulu ke ATM, setelah itu ke Customer Service untuk mengaktifkan internet banking dan token.  Token ini bentuknya seperti ini :

Token itu semacam alat untuk memverifikasi transaksi kita. Jadi nanti kita memasukan code transaksi yang muncul dari internet banking ke token, nanti token akan mengeluarkan angka code verifikasi, nah kode itu yang digunakan untuk bertransaksi. Karena bentuknya kecil jadi tidak begitu merepotkan untuk selalu dibawa kemana-mana, ketika ada keperluan transaksi non tunai, bisa langsung bertransaksi dengan web di HP dan token, nggak sampai 5 menit proses transaksi selesai.

Jenis transaksi non tunai mulai dari cek saldo, lihat history transaksi sesuai periode tanggal yg diinginkan, melakukan pembayaran (telp, listrik, tiket kereta, pesawat dll), pembelian (pulsa), transfer dana, bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, dan bukti transaksinya bisa disimpen dalam bentuk softcopy maupun di print dalam hardcopy.

Untuk transfer dana, ada :
1. TRANSFER ANTAR REKENING BANK MANDIRI
Transfer ini untuk transfer antar rekening bank mandiri. Bisa langsung sampai dan tidak dikenakan biaya transfer

2. TRANSFER BEDA BANK
Transfer ini untuk transfer dengan beda bank. (misalnya mandiri ke BNI, mandiri ke BCA, dll. Untuk pilihan transfer beda bank ada 3 option yang bisa dilakukan :

a.Transfer Antar Bank Online
Transfer ini untuk jaringan bank dalam ATM Bersama, biaya transfernya Rp 5000,- per transaksi. Limit transfernya sesuai limit harian pada transaksi kartu ATM yang kita gunakan. Kalo silver Rp 5 juta, Gold Rp 10 juta, Platinum Rp 25 juta.

No Nama Bank No Nama Bank
1 Bank Mandiri 29 Bank Eksekutif
2 Bank BNI 30 Bank Artos Indonesia
3 Bank BRI 31 Bank Swadesi
4 Bank Danamon 32 Standard Chartered Bank
5 Bank Niaga 33 BPD Lampung
6 Bank Permata 34 BPD DIY
7 Bank Mega 35 Bank Sulut
8 Bank Bukopin 36 Bank BPD Jambi
9 Bank Muamalat Indonesia 37 Bank Riau
10 Bank NISP 38 BPD Bali
11 Bank Mayapada 39 Bank BPD Kaltim
12 Bank Syariah Mandiri 40 Bank Jatim
13 Bank Syariah Mega Indonesia 41 Bank Nagari
14 Bank Arta Niaga Kencana 42 BPD Aceh
15 Bank Buana Indonesia 43 Bank Papua
16 ABN AMRO Bank 44 BPD Kalsel
17 Lippobank 45 Bank DKI
18 Bank Ganesha 46 Bank Ina Perdana
19 Bank Mayora 47 Bank Sumut
20 Bank International Indonesia 48 Bank Maluku
21 Bank Bumiputera 49 Bank BPD Sulsel
22 Bank Nusantara Parahyangan 50 Bank NTT
23 Bank Mestika 51 Bank BPD NTB
24 Bank IFI 52 Bank Jabar
25 Bank Panin 53 BPD Kalteng
26 Bank Commonwealth 54 Bank BPD Sultra
27 Bank Agroniaga 55 Bank Bengkulu
28 Bank HS 1906

b. Transfer Kliring – SKN (Sistem Kliring Nasional)
Transfer kliring adalah transfer beda bank, bisa dalam jaringan ATM bersama, prima, alto, link dll. Biaya transfernya Rp 7.500,- per transaksi. Tapi nyampenya lebih lama, sekitar 2-3 hari kerja. Waktu operasionalnya sampai jam 12.00. setelah jam 12.00 akan diproses untuk transaksi hari berikutnya. Maka, kalau mau transfer kliring disarankan pagi-pagi sebelum jam 12. Limit transaksinya sampai Rp. 99.999.999,- perhari

c. Transfer RTGS (Real Time Gross Settlement)
Transfer RTGS fungsinya sama dengan transfer kliring, transfer beda bank dalam jaringan ATM bersama, prima, alto, link dll. Yang membedakan adalah kecepatan waktu sampainya, kalo pakai kliring baru 2-3 hari sampai, kalau RTGS bisa langsung sampai beberapa menit setelah transfer pada waktu operasionalnya. Waktu operasionalnya yaitu pada hari kerja jam sampai jam 15.30 setiap hari, lebih dari jam 15.30 akan di proses pada hari berikutnya. Limit transfernya sampai Rp 100.000.000 perhari. Karena waktunya lebih cepat, biaya transaksinya juga lebih mahal yaitu Rp 15.000 per transaksi.

29 comments

  1. klo utk aktifasi i banking mandiri kena biaya brp utk alat token ny?kita beli lg atw fasilitas dr bank ny?

  2. Transefer ke BCA via internet banking mandiri kok ribet ya ?
    perlu masukin kantor cabang bca dll.
    kalo cuma tau nama sama no rek bca nya aja gimana tuh ?

    1. Ah, masa? Kok saya enggak ya.. barusan transfer, sebut nomer rekening BCA, langsung keluar nama pemilik rekening.. transfer deh.. (dr internet mobile Mandiri).. tx

  3. Ada yang tahu berapa limit transfer perhari lewat internet banking untuk sesama rekening bank mandiri

  4. Saya mau transfer ke BNI, tapi kok tak pernah berhasil. (nomor yg anda masukkan tidak valid) ini yg selalu muncul, padahal nomornya sudah benar

  5. Transper melalui internet banking dari Tabungan Bank Mandiri ke rekening Bank lain misalnya ke Bank BCA, apakan transper dapat diterima saat itu juga?.

  6. 2. TRANSFER BEDA BANK
    Transfer ini untuk transfer dengan beda bank. (misalnya mandiri ke BNI, mandiri ke BCA, dll. Untuk pilihan transfer beda bank ada 3 option yang bisa dilakukan :
    bisa tolong jelakan jawaban yang ini bos.
    kira-kira berapa lama waktu transfer beda bank yah…

  7. Saya salah satu penggunan Internet Banking Bank MAndiri. Yang saya heran, bank OCBC NISP kok tidak ada ya dalam daftar transfer antar bank online ketika transaksi di internet banking bank mandiri?

  8. baru mau pake mandiri bangking.. walaupun kita daftar di mesin atm mau gk mau kita harus ke banknya ya untuk minta tokennya itu? berarti kalo mau transfer lewat internet pun harus punya alat tokennya itu ya?

  9. Ko sy trf dr bank bca ke mandiri ga lgsg keterima ya pdhl sy mutasi di rek bca sdh kepotong..mhon infonya ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s