Prosedur pembuatan paspor

Dan tiba-tiba gw pengen bikin paspor, padahal belum ada rencana ke luar negeri, dulu bikin SIM juga begitu belum bisa nyetir motor dan mobil, tapi bikin SIM A dan SIM C nya dulu (lewat calo pastinya.. hihihi, karena kalau jalur biasa pasti gagal :D).

Jadi ada pegawai yang mau ke luar negeri, dan gw disuruh bantuin bikinin paspornya (padahal ngerti juga kaga gw cara bikin paspornya), daripada gw jauh2 ke imigrasi cuma nemenin, akhirnya gw bikin juga, toh berlakunya 5 tahun ini, daripada nanti pada saat gw butuh, gw jauh2 ke imigrasi sendiri di hari kerja dan izin ga kekantor dan motong jatah cuti… nah mending gw bikin sekalian.

1. DAFTAR ONLINE
Buka website imigrasi, pilih layanan permohonan paspor online >> Pra Permohonan Personal , yang harus disiapkan untuk di upload,

  • Scan KTP
  • Scan Kartu Keluarga
  • Scan Ijasah/Akte Kelahiran/ Buku Nikah
  • Surat pengantar dari Intansi (khusus PNS)

Semuanya format  Jpeg dan dibuat grayscale. Pilih jenis paspor biasa 48H, kalo 24H katanya buat TKI, Setelah submit data nanti ada pilihan tanggal, kita mau datang ke imigrasi nya tanggal berapa, setelah selesai nanti tinggal cetak bukti daftar onlinenya

**************** KANTOR IMIGRASI ****************

2. ISI FORMULIR
Jam 8.00 s.d jam 11.00. Meskipun sudah daftar online, tapi kita masih harus tetep ngisi formulir :

    • Ambil formulir dan map warna kuning  (gratis) + beli sampul paspor (3rb
    • Isi formulir (sama kaya waktu daftar online)
    • Isi surat pernyataan yg  di ttd diatas materai (6rb)
    • Formulir dan surat pernyataan itu di lampirankan berkas yang di upload online : Fotokopi KTP yg diperbesar, Ft copy KK, Ft copy Ijasah/Akte Kelahiran/ Buku Nikah, surat pengantar dari instansi dan bukti daftar online

3. CUSTOMER CARE
Setelah ngisi formulir, terus datang ke customer care, taruh berkasnya dan tunggu panggilan nama. Setelah di panggil terus di cek berkasnya sudah lengkap apa blm, kalo sudah oke nanti dibalikin lagi berkasnya dan dikasi nomer antrian buat proses pemasukan berkas.

4.PEMASUKAN BERKAS
(Di loket 2,3,4) Setelah no antrian kita di panggil, terus di cek lagi apa berkasnya sudah bener-bener lengkap.  Kalau belum bisa langsung melengkapi. Setelah itu tunggu panggilan nama di loket 2.

5. LOKET DUA
Setelah di panggil nama di loket 2, nanti kita dikasi surat panggilan untuk foto dan wawancara. Kalau daftar online bisa hari itu juga foto dan wawancaranya tapi siang jam 13.30, tapi kalau bukan pemohon online, ga bisa  langsung hari itu, harus datang di hari lainnya untuk foto dan wawancara.

******************* SESI SIANG ************************

6. CUSTOMER CARE – ambil nomor foto & wawancara
Disuruhnya sih jam 13.30, tapi pas gw jam 13.00 dateng, ternyata uda bisa melayani. Surat pangilan untuk foto dan wawancara tadi ditaruh di customer care. Nanti kita di panggil nama dan dikasi nomor antrian lagi untuk foto dan wawancara.

7. LOKET 8 – PEMBAYARAN
Terus setelah dapet nomor antrian, kita ke loket pembayaran. Tunggu panggilan nomor , bayar (255rb) per paspor dan dikasi bukti pembayaran.

8. FOTO, SIDIK JARI DAN WAWANCARA
Setelah bayar nanti kita pindah ke ruang foto, untuk foto, sidik jari dan wawancara. Berkas aslinya KTP, KK, Akte kelahiran/ijasah/buku nikah, dibawa semua karena diminta untuk diperlihatkan waktu wawancara. Dan ga boleh pakai sandal!!!..  Agak ga adil sih, karena disana pegawainya aja malah pakai sandal!!! (lebih dari 3 orang pegawai yg gw liat masuk ke ruang ini pakai sandal)

Pas fotonya ga boleh pake kacamata, kuping dan alis harus keliatan, terus pengambilan 10 sidik jari tangan, dan yang terakhir wawancara. Wawancaranya cuma sekedar verifikasi aja data yang ke input sudah bener belum. Nanti di bukti pembayarannya di kasi cap untuk tanggal pengambilan paspor.

Untuk pengambilan biasanya 4 hari kerja dari mulai kita foto dan wawancara itu. Dan kalo pengambilan bisa diwakilkan orang lain juga, pake surat kuasa. Jadi beres deh, cukup sekali datang ke kantor imigrasi untuk bikin paspor.

Total biaya = Rp 255.000,- + Rp 9.000,- = Rp 264.000,- per paspor

Kalau gak mau repot, disana juga ada biro jasa sih, dan itu legal, biayanya sekitar Rp 600.00,- per paspor, kita cuma ngisi formulir dan ngelengkapin berkas, nanti yang ngurus si biro jasa itu, jadi nanti kita tinggal foto, sidik jari dan wawancara. Dan karena loketnya di bedain yang jalur normal dan jalur biro jasa, jadi kalau pakai biro jasa nggak perlu ngantri lama. Dan nanti yang ngambil paspor juga biro jasanya, dan beberapa ada yang mau nganter paspornya ke rumah juga, Nih nomer birojasa yang di kantor imigrasi tanggerang :Etty (0812 1896 9693 / 0877 8033 5656 / 0856 9465 4394) dan Jimmy (0858 1114 1199/ 0853 1133 0201) Navitro Agency

Gituuu deh, tapi itu di kantor imigrasi tanggerang ya, kalau di kantor imigrasi lainnya mungkin bisa sama atau beda prosedurnya..

3 comments

  1. Wah makasih wi infonya. Memang sebaiknya bikin paspor ijo aja dulu. Pengalaman gue pake paspor biru itu aduh prosedurnya itu lho. Dari Biro bikin surat ke BUP buat bantu pengurusan sama bikin surat ke Settama. Habis itu Settama dilihat disetujui apa gak buat ke Setneg. Dan sekali jalan itu ada istilahnya uang lelah sekitar 200ribu buat ke BUP. Kalo punya paspor ijo kan misalnya yang paspor biru ga kelar-kelar bisa cusss. Tapi emang kalo biru sih di bandara ada previlege sih hahaha. Ada line khusus jadi ga nyampur antrinya. Dan itu ngebantu banget pas gue balik dari Iran bisa lenggang kangkung melewati antrian para TKW yang naujubile

    1. Emberrr pake paspor biru ribeet nya minta ampun dan selalu bikin deg-deg-an besok mau berangkat, H-1 nya baru jadi, karena emang prosedurnya lebih panjang dan lebih ribet, dr sekneg, BUP masih harus ngurus lagi ke kementerian luar negeri, belum lagi kalau perlu pake visa, mesti ngurus lagi visanya ke kedutaan terkait..

      satker gw setiap bikin paspor biru (mau itu bikin baru, ganti buku/perpanjang, mau pake visa/nggak) ko uang lelahnya 250rb ya per paspor ? (tapi itu juga di tanggung keuangan satker sih). Tapi gw pikir 250rb itu uda standarnya BUP kesemuanya. (meskipun biaya pengurusan paspor biru itu nihil ya seharusnya)..hihihi..

      btw, komen lo ko bisa langsung masuk ya? biasanya gw approve dulu baru masuk.. settingannya dimana sih? hihih #guaptek

      1. Sebenernya sih emang ga ada biayanya, tapi ya tau sendiri lah ribetnya ngurusin paspor biru. Apalagi kalo buru-buru. Pas gue kemaren ke Iran, pesawat take off-jam 5 jam 1 paspor baru gue terima. Deg deg ser gak tuh. Jurusnya sih biar cepet ya kasih deh tu biaya (di Biro gue sih segitu plus copy tiket).

        Soal komen, gue lupa settingannya dimana :)))))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s