Euforia Mudik

Salah satu tradisi masyarakat Indonesia menjelang lebaran adalah mudik alias pulang kampung. Esensi dari mudik ini sih sebenernya pada saat hari raya lebaran kita bisa berkumpul sama orang tua dan keluarga besar untuk silahturahim dan maaf-maafan. Tapi karena sentralisasi pembangunan Indonesia ada di Jabodetabek sehingga banyak pendatang dari luar yang bermukim dan mencari nafkah disini. Alhasil ketika lebaran tiba, para pendatang itu balik ke kampung asalnya masing-masing.

Ayah dan Ibu gw sama2 orang jogja, jadi ketika lebaran kami selalu mudik ke jogja. Sekalinya ga mudik waktu ade gw abis kecelakaan dan belum bisa jalan normal lagi :(  Tapi tahun depannya, meskipun ade gw jalannya masih pake tongkat kita tetep mudik.  Kebayang dong kereta penuhnya kaya apa pas lebaran, dan ga semua orang dapet duduk waktu itu. Gw uda bingung, masa ia ade gw yang masih pake tongkat kedesek2 pas naek kereta, apalagi kalo keinjek2 kakinya😦. Hohoho.. untungnya pas hari H kita berangkat dr pasar senen pagi2 masih sepi.. pas kereta kita lagi dibersih2an di jalur yang beda dibopong si ade sama bokap buat masuk duluan ke kereta padahal jarak dari pintu masuk ke tanahnya tinggi banget (keretanya belum pindah jalur)

Pernah juga waktu mudik naek kereta malem2 ke jogja, gw nyokap dan ade gw, bokap mudik belakangan karena masih masuk kerja, gw masih imut2nya duduk di bangku SD/ SMP gt (lupa). Ceritanya pas mau berangkat di kereta ada yang jual game bot (bener ga sih nulisnya :D) gw merengek minta dibeliin gamebot itu. Karena maenan baru gw asik maenin di kereta dan ga mau disuruh tidur. Gw duduk di bangku pinggir dan nyokap duduk dideket jendela, ade gw di depan nyokap. Tiba2 jam 2 malem gw kaya ngeliat bayangan disamping jendela deket nyokap gw. Boooookkk… ada tangan masukk book... dari atas jendelaa mau ngambil tasnya nyokap gw. Langsung aja gw cakar tuh tangan sama gw gebuk pake game bot sambil teriak2.. nyokap bangun dan si malingnya langsung kabur tanpa sempat mengambil tas nya nyokap gw.. Huffftt…

Sesuatu deh pokoknya rasanya mudik itu🙂 dan prinsip bokap, ya selama beliau masih punya orang tua, kalo lebaran yaa kembali lagi ke orang tua, ga peduli seberapa semrawut atau pengorbanan mudiknya, tapi semuanya terbayar kalo bs ketemu sama orang tua dan saudara2.🙂

Tapi sekarang aku uda ga punya eyang lagi😦

eyang putri dr bokap udah ga ada dari gw smp kalo yang kakungnya uda ga ada sejak bokap masih SD,

Kalo dari nyokap, eyang kakung udah ga ada dari Juli 2009, kalo eyang uti April 2010. I really miss them… #sueer  kangeen beneraan!!! I have memories with them

Tapi tetep tradisi mudik ini masih exist loh di keluarga gw, meskipun uda ga ada eyang lagi, kita tetep masih kumpul di rumah eyang kalo lebaran dan pasti nyekar ke makam mereka..

Keluarga bokap ada 8 bersaudara, yang di jogja 1, di jabodetabek 4, di kalimantan 3, kalo lebaran juga ngumpulnya di jogja

Keluarga nyokap ada 9 bersaudara : yang di jogja 1, yang 8 di jabodetabek, dan kaloo lebaran juga ngumpulnya di jogja..

Ahahaha.. pantesan… gimana ga macet jalanan..

Tahun kemaren gw  mudik 27 jaaam boook dijalanan, yasalam. normal jogja biasanya 13-15 jam perjalanan..ini gw ampe lebih dr sehari semalem. Alesannya sih klise karena perbaikan jalan dan pas itu juga lagi puncak2nya arus mudik. Baru masuk tol deket rumah ituu uda maceeeeet paraah, berangkat jam 12 malem, nyampe sana besoknya pas sahur. Di daerah prupuk sampe sempet matiin mesin mobil setengah jam di tengah jalan, karena ga gerak sama sekali, trus kita tinggal tidur. Pantat ampe tepos, turun mobil ampe keliyengan..rekoorr dah mudik tahun lalu sebelum2nya ga pernah nyampe selama itu.. tapi ya uda nikmatin aja..😀

Tahun ini rencana awalnya ga mudik, tapi beberapa hari yang lalu bokap berubah pikiran akhirnya kita mudik ke jogja :)) hehee.. tapi tahun ini berangkatnya abis solat Ied.. mudah2an besok lancar dan ga macet jalanan😀 kasian bokap dan ade gw bawanya kalo maceeeet paraah…Pokoknya kalo uda nikah gw harus bisa nyetir, kasian kalo nanti mudik bareng misua dia sendirian yg nyetir..🙂

Oiaa besok lebaran.. mohon maaf lahir batin ya.. semoga Allah menerima amalan ku dan amalan kita semua..

dan semoga kita dan keluarga di pertemukan lagi di Ramadhan berikutnya

Dan semoga Tahun depan uda bisa mudik juga ke kampung halaman orang #ehh #kode Amiinn🙂 eheheh..

3 comments

  1. @rae sama2 rae.. Mohon maaf lahir batin jg ya u/ semua perkataan dan perbuatan yg tdk berkenan di hati🙂 happy iedul fitri

    @fakhri : mudik itu emang paling asyik naek kereta, punya jalur sendiri , ga macet dan cepet sampe nya🙂

Leave a Reply

