Trip to Pulau Seribu (Part 4 – Snorkling Time)

Jam 6 pagi niatnya sih gw sama bagus mau liat sunrise di dermaga, tapi kesiangan..hahaha.. ternyata jam 6 tuh uda terang banget ya, hehe.. akhirnya gw sama bagus jalan-jalan ke dermaga aja menghirup udara pagi sambil liat penangkaran ikan hiu dan kura2.

Sunday morning at pramuka island

Jam 7 kita mulai sarapan pagi, padahal belum mandi, emang diniatin mandinya nanti aja setelah snorkling, Oia menu makanan tadi malem itu ada ayam goreng, tempe, sayur, buah semangka dan kerupuk sambel. Kalo menu pagi harinya ada nasi, mie, telur, tahu, buah semangka, krupuk dan sambel. Rasa menu nya standar tapi ya lumayan.

Jam 8 langsung menuju dermaga untuk naek kapal pergi lagi ke pulau lainnya untuk snorkeling. Peralatan snorkeling nya pun juga uda disediain sama pihak agen ada sepatu renang, pelampung, alat nafas dan kacamata renang. Pertama kita dibawa ke pulau semak daun disana di pantainya banyak rumput laut warna coklat, kita dibawa kesana untuk latihan snorkeling dan menyelam dulu sambil dijelasin teknik snorkeling.

Ternyata snorkeling itu susah ya, harus bisa bernafas pake mulut dan ga boleh nafas pake idung, nanti airnya bisa masuk lewat idung, Sebenernya kalo ngeluarin nafasnya itu gampang, yang susah itu narik nafasnya lagi karena 1) pas narik nafas lewat mulut, idung suka otomatis naris nafas juga 2) saat mau nafas dari mulut, mulutnya kebuka terus dan air laut pada masuk. Hufftt… jelek langsung lancar latian nyelemnya, gw sampai waktu latian selesai belum lancar juga nyelemnya.

Akhirnya kita naek kapal lagi dan dibawa dekat pulau air, meskipun ga bisa lancar snorkeling gw ikut turun juga ke lautnya. Dan untuk pertama kalinya juga gw liat dalemannya laut, subahannalah.. yang selama ini cuma liat di discovery channel ternyata bener-bener ada di bawah laut. Meskipun ga sebagus kaya taman laut bunaken, tapi subahanallah airnya jernih meskipun di permukaan laut, kita nyelem dikit uda keliatan dasar lautnya, banyak ikan warna warni, karang-karang, bintang laut juga ada yang warna warni, pokoknya rame warna warni di dalem laut, sayang ga punya kamera yang waterproof buat ambil pic nya.

Nyelem pertama gw masih agak panik, karena setelah kita nyelem which is dalam kondisi berenang buat bangun lagi ke kondisi berdiri itu susah karena pake sepatu ikan itu, tapi kalo ga pake sepatu ikan pas berenang melawan arus ombak lautnya tuh berat.

Setelah dari pulau air, lalu kita naek kapal lagi, dibawa sama mas2 kapalnya ke suatu pulau lagi, gak tau namanya pulau apa, disitu ikan hiasnya lebih banyak dari yang dipulau air, karangnya keliatan gede2 juga, tp juga ada binatang yg suka bikin gatel, ga tau namanya binatang apa, bukan bulu babi tapi pastinya, paha gw pun bentoollll gak tau kena apa..dan nyelem yang kedua ini gw lebih tenang meskipun beberapa kali neguk air laut (asiiinn book) baik lewat idung maupun mulut. Sampe tenggorokan rasanya panas. Sempet beberapa keram kali juga, Cuma setelah ditekuk2 kaki ikan nya, ilang juga keramnya. Bagus juga sempet keram kaki sampe akhirnya kaki ikannya dicopot.

Pokoknya seneeennnggg bgt bisa snokling… kapan2 pengen snorkeling lagi… Lombok..bunaken tunggu aku disana yaa…

Acara snorkeling kira-kira selesai jam stgh 1 siang.. ga kerasa kita panas2an ditengah hari bolong, mampir dulu ke nusa dua deket keramba buat beli ikan. Tapi pas ga bawa duit, padahal pengen beli cumi. Sampai akhirnya kapal mengantar kita kembali ke pulau pramuka, wuaah ternyata gw jadi tambahh item (aslinya emang udah item padahal) tapi jadi item banget, padahal td pas berangkat uda pake sunblock.

Di deket darmaga pulau pramuka menuju perumahan penduduk banyak tukang makanan, karena laper banget gw sama bagus mampir beli batagoorr dulu, batagornya lumayan enak dan murah jg ko. Kan lumayan buat nganjel perut sambil nunggu antrian mandi. Setelah mandi terus disediain makan siang juga, menunya ikan, sayur kacang panjang, ada buah dan kerupuk sambel tentunya. Tapi menunya kurang berselera jadi makannya ga abis, untung tadi uda beli batagor jadi si naga2 dalam perut uda pada diem.

Akhirnya kita selesai beres2 jam 2 siang dan bersiap balik menuju marina ancol. Gw dan bagus sepakat untuk milih tempat duduk di dalam kapal aja, jangan diluar maupun diatas biar kita bisa istirahat karena cape juga abis snorkeling. Perlahan kapal mulai jalan meninggalkan pulau pramuka. Perjalanan pulang saat itu satu2nya hal yang ngerusak indahnya liburan gw. Bayangin aja 1 stgh jam atau 2 jam dikapal kepala gw goyang kanan kiri ga berhenti2. Karena pulangnya kesorean ombak lautnya sudah mulai pasang, kapal kita dalam kondisi ngebut dan dikejar2 ombak. Ombaknya tinggi banget, kapal kita kaya lagi surfing, alhasil orang2 yang ada di atas kapal dan diluar pada basah kuyup, alhamdulilah gw dan bagus dapet duduk didalem. Tapi penderitaan di dalem juga sama aja. Pusingnya kaya pake iket rambut kekencengan cekot cekot, belum lagi muaaal rasanya. Hoh.. begini toh rasanya mabok laut, dan orang-orang didalem kapal juga merasakan hal yang sama. Dan kita juga gak persiapan minum antimo karena bakal ngira perjalanan nya akan sedamai kaya waktu berangkat. Satu persatu orang di dalem kapal mulai jetlag, banyakk yang muntah sodara2. Banyak juga yang pada istigfar sambil nyebut nama Allah. Katanya sih kondisi kapal dan ombak waktu itu mencekam pada ngeri kalo kapal kebalik. Tapi berhubung gw duduk di bagian belakang kapal jadi gw nggak terlalu liat kondisi luar, Gw Cuma denger suara air syurr, entah suara ombak yang masuk ke deck kapal atau suara orang muntah.

Kalo gw gerak dikit bagus selalu nengok nanyain gw pengen muntah ya, karena dia tau kalo gw gampang mual. Tapi gw diem aja cuma geleng kepala. Kondisi saat itu gw butuh ketenangan sambil baca2 ayat kursi supaya pusing nya cepet ilang. Gw semprat semprot minyak wangi biar ga mual sama makan permen terus. Kepala gw, gw iket pake jaket karena pusiingg banget. Pas mau nyampe marina kita mau belok ke kiri, yang nyetir kapalnya bilang kita suruh pindah ke sisi kapal bagian kiri, karena keberatan di sebelah kanan kapal. Karena kalo keberatan kapalnya ga bisa belok dan bisa kebalik. Akhirnya orang2 pada pindah ke sebelah kiri, termasuk gw dan bagus yang tempat duduk semula di sebelah kanan.

Pas bangun, gw keluar liat orang2 diluar kapal pada basah kuyup..air becek di deck kapal, tapi rasanya seger dapet udara luar, didalem agak pengap (ACnya kurang pol karena udara lagi panas bgt) dan bau muntah. Ternyata setelah bediri, bagus malah ikutan mabok laut dan muntah juga. Kata dia di toilet jadi bauu banget karena banyak orang yang muntah disitu. Syukurlah akhirnya kita bisa sampe ke marina. Air laut bener-bener lagi pasang, sampe darmaga marina aja kerendem, jembatan dari kayu yang buat jalan dari turun kapal ke dermaga itu ampe kerendem air. Turun dari kapal masih banyak juga orang yg muntah2. Luarrr biasaaa. Hehehe.. tapi meskipun begitu, kalo suruh balik lagi gw masih mau…hehehe..

Berikut tips persiapan menuju tidung & pulau seribu :
1. Paketnya kalo gak salah kurang lebih 280rb per orang termasuk kapal pulang pergi (tp kapal ontang anting), makan 3x, penginapan, snorkeling, sepedahan di pulau tidung, dan juga ikan buat dibakar malem2.
2. Kalo kapal boat yang kemarin gw naikin, alhamdulilah ada bu bos yang baik hati yang mau bayarin sewa kapalnya. Katanya kalo tariff normalnya itu Rp 200rn pulang pergi, tapi jauh lebih cepet dan lebih nyaman sih.
3. Bawa sunblock, itu penting, supaya ga item bgt dan supaya kulit muka tangan pada gak ngelupas. Heuheu
4.  Berhubung listrik baru nyala malem, perlu bawa colokan listrik T, karena kalo malem itu pasti banyak yang mau ngecas HP daripada tunggu2an kan kalo bawa colokan T bisa bareng2.
5. Bawa sunglases, panasss bgt silau dan bikin sakit mata.
6. Jangan pulang dari pulang pramuka/pulau tidung setelah jam 1 siang kalo ga mau deg2 ser gara2 kejar2an sama ombak, mending pulang di pagi hari aja
7. Pas dipantai yang banyak karang, kalo bisa pake sandal jepit, takut nginjek binatang yg aneh2/nginjek karang

http://ubur2pilek.multiply.com/journal/item/97/Trip-to-Pulau-Seribu-Part-4-Snorkling-Time

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s