Trip to Pulau Seribu (Part 1 – Pulau Tidung)

Setelah 4 kali ditunda acara jalan-jalan ke pulau tidung bersama temen-temen kantor akhirnya terlaksana juga pada tanggal 15-16 Oktober kemarin. Dan senangnya lagi si jelex bisa ikut acara liburan ini. Jam 6 pagi dia udah sampai dirumah gw dan langsung pup coba.hehe… Selesai pup kita langsung berangkat menuju Darmaga Marina, Ancol. Karena masih pagi dan jalan tol nya lenggang bgt, perjalanan ke marina hanya memakan waktu 40 menit dari rumah gw. Kita parkir di deket loket penjual kapal kerapu, ternyata sampai sana orang2 kantor belum pada dateng, akhirnya kita sarapan pake bekel indomie goreng dulu.Setelah sarapan kita langsung menuju dermaga 6, this pic below taken in front of the dock and the ship :
Ternyata orang-orang kantor pada baru dateng jam 8. Hiks..hiks.. Ngaret sodara-sodara, Jumlah orang yang ikut sekitar 30 orang, beberapa orang kantor, keluarga, saudara, dan juga pacarnya. Sambil menunggu kapal berangkat, pada persiapan minum antimo supaya gak mabuk laut. Gw saranin sih ga perlu minum, karena masih pagi, ombak nya nggak besar jadi peluang untuk mabok laut kecil, kecuali kalo lo uda bawaan dari lahir mabok lautnya.

Kapal yang gw naekin kapasitasnya 30orangan, so far kapalnya enak, AC, tempat duduknya nyaman, dan kalo duduk diluar atau di atas kapal bisa menikmati pemandangan laut yang bikin adem. Tujuan pertama kapal ini adalah pulau tidung!!

Kapal mendarat di dermaga pulau tidung jam 11 Siang, Perjalanan dari marina ketidung kira2 1 setengah jam. Puaaanassnya luar biasa, karena penginapan yang dipesen di pulau pramuka, di pulau tidung kita cuma sebentar aja. Akhirnya jalan-jalan disekitar dermaga, minum es kelapa tua muda sama makan otak-otak bakar, otak-otaknya enak deh sambal kacangnya juga. Tapi harganya lumayan 1 porsi yang berisi 5 otak-otak bakar yg dibungkus pake daun pisang dijual dengan harga Rp 10.000.

Katanya kalau pagi/sore banyak orang yang berenang dibawah jembatan cinta (jembatan yg menghubungkan pulau tidung besar dan pulau tidung kecil and please don’t ask me why this bridge call love bridge) tp kalo berenang siang-siang gini ya gw juga ogah banget. Puanas nya itu loh.. Pengen lompat juga dari jembatan itu ke laut, pasti seru banget tuh adrealinalinnya.. tapi tentunya pake pelampung..soalnya pelajaran berenang gw baru sampai tahap meluncur..hehehe

Sebenarnya banyak objek wisata lain juga dipulau tidung, ada sepedahan (tarifnya gw lupa berapa) ada banana boat juga (IDR 35.000 per orang), tapi tetep aja kalo tengah hari bolong gini mah saya mengibarkan bendera putih untuk hal-hal itu. Tapi nampaknya pulau tidung ini udah nggak terlalu bersih air lautnya, ada beberapa sampah juga yang terdampar di pantainya, begitulah risiko tempat indah yang dijadikan tempat wisata kalo perawatannya kurang bagus.

Akhirnya menghabiskan waktu hanya ngobrol2 dikapal sambil foto2 aja, Ibu2 bapak2 dan anak kecil pada gelaran tiker di bawah pohon kelapa buat makan.

Sekitar jam 1 atau 1:30 siang, akhirnya kita memutuskan untuk langsung ke penginapan di pulau pramuka, daripada ga bisa ngapa2in di pulau tidung. Perjalanan dari pulau tidung ke pulau pramuka sekitar setengah jam.

Ini kondisi waktu turun kapal, karena barang bawaannya banyak banget, kita bisa sewa orang buat ngangkutin barang ke rumah sewa. Sampe 2 gerobak yg disewa..hehhe. Disana kami menyewa 3 rumah penduduk, di rumah yang gw tempatin ada 3 kamar (2 kamar AC), kamar tamu, ruang tivi, ruang makan dan dapur serta 2 kamar mandinya. Ternyata listrik di pulau ini hanya nyala di sore dan malam hari. Wew, how great this civilians can resist with this situation.

Sampe penginapan, sholat, makan siang dan tidur siang. Makan siangnya kita masih bawa sendiri dan belum disediakan sama pihak agen nya. Pulau pramuka ini so far lebih berperadaban di banding pulau lainnya, karena pulau ini menjadi pusat pemerintahan kabupaten pulau seribu. Banyak rumah-rumah penduduk juga disana, dan sudah ada Rumah Sakit Umum Daerah juga. Sayangnya tidak ada pantai di pulau ini, perbatasan laut dengan daratannya di tanggul oleh tembok jadi kita nggak bisa bermain-main di pantai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s