The power of matematikanya berbagi

Belum ada hitungan minggu saat saya pertama kali bekerja, di suatu bis kota perjalanan pulang kerumah, saya bertemu dengan seorang wanita (random) berumur 30 tahunan. Entah mengapa si Ibu2 itu bersemangat sekali menceritakan betapa hebatnya matematika Tuhan dalam berbagi. Singkat cerita dari 1 setengah jam perjalanan bersama si Ibu itu, beliau berusaha menularkan kebiasaan kewajiban mengeluarkan 2,5% zakat dari penghasilan kita perbulannya. Kejadian random di awal2 saya bekerja ini seperti alarm bagi saya yang sekarang sudah punya penghasilan sendiri.

Setiap bulan harus langsung disisihkan, biar tidak terasa berat mengeluarkannya, dan ketika lebaran dibagikan kepada yang membutuhkannya. Begitu petunjuk si Ibu itu. Satu tahun bekerja di swasta alhamdulilah bisa rutin melakukannya, dan si mamah yang jadi pengingat untuk langsung nyisihin 2,5% zakat dari penghasilan perbulan.

Begitu masuk instansi negeri, pas ramadhan tahun lalu dapat kajian tentang zakat juga, ternyata pemahaman saya KELIRU, zakat dan sadaqah itu berbeda. Yang setiap bulan saya keluarkan itu ternyata sadaqah/infaq dan hukum nya tidak wajib. Karena  yang namanya wajib zakat ada ketentuan nisab (ukuran syarat minimal) dan haul (waktunya) . (yang pada saat itu dijelasin pas ceramah ramadhan hanya perbedaan sadaqah dan zakat mal saja, tdk dibahas mengenai zakat penghasilan – karena katanya zakat penghasilan masih debatable di kaum ulama).

Tapi semenjak mendengar hal itu tidak wajib, jadi jarang menyisihkan rutin perbulan lagi, padahal ada kenaikan pendapatan dr tempat bekerja semula.. kalau semula dengan gaji lebih rendah aja bisa, sekarang malah gak bisa T_T. Dan terlebih lagi sekarang jadi susah menghitung pendapatan perbulan, kalau dulu pendapatan perbulan sekali masuk setiap tanggal 25, sekarang selain gaji tanggal 1, juga ada uang makan setiap tgl 5 (dan jumlahnya tidak tetap tergantung kehadiran) dan ada juga honor kegiatan.

Sampe akhirnya kemaren baru bener2 ngeh bedanya zakat mal dan zakat penghasilan gara2 nyimak tweet nya @ahmadgozali, Padahal dari SMA ada pelajaran agama islam tentang zakat, tapi baru ngertinya sekarang.. yang saya tangkep :

Infaq/Sadaqah itu hukumnya tidak wajib, bebas besarannya dan boleh kapan saja.
Zakat itu hukumnya wajib. Karena sifatnya wajib maka ada ketentuan2nya, jenis2 zakat :

  • Zakat Fitrah, wajib dibayarnya menjelang Idul Fitri sebanyak 3,5 Kg beras. Lebih utama kalau langsung dibayarkan nya dengan beras bukan dengan setara uang
  • Zakat Penghasilan,  wajib dibayar perbulan kalau sudah memenuhi nisabnya, yaitu 524 Kg beras, (asumsi 1 Kg = Rp 7000) jadi sekitar Rp 3,67jt/bulan. Misalnya penghasilan perbulan = 4 jt / bulan (karena sudah memenuhi nisabnya jadi wajib zakat). Hitungannya = 2,5 % x 4 jt . Tapi kalo misalnya penghasilan kita perbulan 3 jt (dibawah nisab) tidak diwajibkan untuk zakat (Noted : masih debatable)
  • Zakat mal/zakat harta, selain ada nisab juga ada haulnya. Nisabnya itu setara 8,5 gr emas (asumsi 1 gr emas = Rp 500rb) jadi sekitar Rp. 4.250.000,- Dan haulnya yaitu telah kita miliki telah 1 tahun). Zakat harta ini yang saya tangkep adalah semacam asset lancar, seperti tabungan / deposito. Yang sifatnya tetap seperti rumah, mobil, tanah, tidak diperhitungkan.Misalnya punya tabungan Rp 10 jt dan sudah kita miliki 1 tahun, maka wajib untuk zakat mal. Hitungannya = 2,5% x 10 jt. Kalau kepemilikannya belum 1 tahun maka belum diwajibkan untuk berzakat.

Harus mulai lagi🙂 supaya semua2nya berkah dan di Ridhoi …
Mumpung bulan Ramadhan perbanyak infaq, semakin besar dan semakin ikhlas maka semakin bisa meninggalkan hal-hal duniawi..
Mari bersihkan harta kita, jangan sampai dibersihkan dengan cara yang lain

Originally post at http://ubur2pilek.multiply.com/journal/item/130/The-power-of-matematikanya-berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s