Sari Ater Hot Spring Resort

Yess!!..Cuti bersama lagi, gw termasuk salah satu orang yang paling berbahagia menyambut adanya cuti bersama, maklum masih cpns jadi belum boleh dapet hak cuti. Tapi dengan adanya ketetapan cuti bersama pemerintah hari libur gw di tahun 2011 bertambah banyak
Setelah cuti bersama mendadak sebelumnya (16 Mei 2011) gw sekeluarga pergi ke jogja buat ngunjungin ade gw, sekarang gantian ade gw yang pulang ke Bekasi. Moment kumpul bareng berempat gini perlu dimanfaatkan. Kita sepakat mau ke Bandung, tadinya bingung mau ke Kawah Putih atau Sari Ater. Namun mempertimbangkan dari segi akses jalan, cost, fun dan lain-lainnya. Terpilihlah sari ater. Please see below our 2 days trip :Jumat, 3 Juni 2011
Berangkat jam 7 pagi dari Bekasi, dengan membawa bekal sarapan pagi Indomie goreng buat dimakan di mobil. Dari tol Jakarta – Cikampek terus masuk tol Cipularang – Bandung (Km.66), kemudian keluar pintu tol Sadang (Km.76). Berdasarkan petunjuk GPS (Global Positioning System) punya tetangga gw, lalu kita lewat daerah Purwakarta-Wanayasa-Sagalaherang. Jalan alternatif ini memang tidak begitu lebar, tapi jalannya sudah bagus dan tidak berlubang. Jalannya turun naik (namanya juga menuju dataran tinggi) dan karena masih pagi belum banyak kendaraan yang lewat. Pemandangan pas uda mau nyampe Sari Ater bagus banget, udaranya sejuk bukit-bukit hijau, perkebunan teh, kebun strawberry dan banyak pedagang nanas di pinggir jalan. Akhirnya jam 10.00 kita sampai di lokasi tujuan.

Sari Ater Hot Spring Resort ini tempat wisata berendam air panas di daerah pegunungan kaya pemandian air panas Pancer(Sentul),Guci(Tegal) atau Baturaden (Purwokerto). Tapi ini lebih luas dan lebih terawat. Sumber air panasnya katanya dari Gunung Tangkuban Perahu yang berjarak beberapa KM dari situ. Selain itu Sari Ater juga menyediakan tempat penginapan, tapi menurut gw harganya relatif mahal, dan kemarin sempet nanya juga ke bagian reservasinya, karena weekend semua room fully booked. Selain penginapan juga tersedia sarana rekreasinya seperti horse riding, sepeda air, flying fox, wall climbing,gokart, motor off road, panahan, dll. Untuk harga tiket masuk Sari Ater Rp 17.000,- per person, ditambah biaya mobil Rp 13.000,-. belum termasuk tiket untuk wahana rekreasi. (for more info please klik Sari Ater Website).

Karena hari Jumat, kita memutuskan untuk berendamnya nanti aja setelah bokap dan ade gw solat Jumat (di dalam areanya juga tersedia masjid namanya masjid Al’ama), kita jalan-jalan dulu dan jg mau nyobain wahana rekreasinya. Wahana yang gw pengen coba : sepeda air (Rp 6.000,-), flying fox (Rp 15.000,-), wall climbing (Rp 15.000,-) dan horse riding (Rp 15.000,-).

Pertama nyobain naik sepeda air. ..hihihi seruu juga udah lama banget gak naek kaya gini.. kolam untuk sepeda airnya emang ga begitu besar kaya di Taman Mini, tapi gw cukup seneng ko bisa naik ini. Kemudinya berbanding terbalik sama arah, kalau belok kanan kemudinya dibelokan ke kiri, begitu juga sebaliknya. Karena ga biasa kebalikan arah gini ya sempet kagok2 gitu pas belok. hahahhaa…Abis naek sepeda air, gw mau naek kuda!!!.. tapi ade gw ga mau nemenin..huhuhu, Flying fox sama Wall climbing ga nemu tempatnya dimana, masih kedalem lagi kayanya. Jadi cuma nyobain naek sepeda air doang

Lalu akhirnya kita berempat duduk sambil ngobrol2 di sungai air panas yang deket masjid, disungai yang kedalamannya 20-30 cm ini, juga banyak orang (mostly anak kecil) yang berendam, tapi kalo gw saranin meskipun kena charge lagi, mending berendamnya di kolam2 yang udah disediakan, lebih puaas, lebih lebar dan lebih private. Ada 4 (empat) kolam rendam yang disediakan, Mayang Sari (Rp 31.000,-/per orang), Wangsadipa (Rp 20.000,-/per orang), Pulosari (Rp 26.000,-/per orang), Leuwisari (Rp 10.000,-/per orang).

Leuwisari kolam rendam yang paling jauh dari pintu masuk, tapi itu kolamnya kecil dan paling kedalamannya cuma 1/2 meter, Kalo kolam Pulosari letaknya deket sama Leuwisari, tapi kolam rendam ini diperuntukan untuk anak kecil dan ada water sliding buat anak kecil jg disana. Kolam rendam mayang sari letaknya paling deket dengan pintu masuk, paling bagus dan paling besar, tapi dengan harga Rp 31.000,/per orang bikin kita gak mau berendem disitu. hihihih, akhirnya kita berendam di Wangsadipa. Kebetulan pas gw kesana lagi ada promosi untuk pelajar beli 1 dapet 2 tiket ke kolam rendam + tiket flyng fox (promosi ini cuma berlaku di kolam Wangsadipa, Pulosari dan Leuwisari), dengan menunjukan kartu pelajarnya ade gw, akhirnya kita cuma beli 3 tiket masuk.

Jam 1(satu) siang kita mulai berendam, tapi udaranya sama sekali gak panas kaya di Jakarta. Jadi kita betah-betah aja berendem disiang hari bolong. Kolam wangsadipa ya kaya kolam renang biasa, disini ada 3 kedalaman, ada yang 1/2 meter, 1 meter dan 1 1/2 meter yang paling dalem. Tapi gw bingung ko airnya warna ijo ya, kalau di sungai air panasnya warna bening. Gw pikir kotor atau gimana, tapi pas gw uda masuk kolam, meskipun warnanya ijo tapi bersih, dasar lantai nya tuh keliatan banget. Orang2 disitu gak begitu banyak sekitar 15 orang lah, karena mungkin banyak orang yang males untuk bayar lagi untuk berendam.

Sumpah!!!! itu kolam rendam AIR PANAS bukan AIR ANGET ya, (iyalah namanya HOT SPRING bukan WARM SPRING), panas banget, gw butuh waktu sekitar 20 menit buat masukin setengah badan gw ke kolam air PANAS itu, ade sama bokap gw daritadi uda nyelem, berenang-renang disitu, gw sama nyokap baru bisa nyemplung setengah badan. Dengan segala kekuatan penahan rasa panas akhirnya gw bisa nyelemin sampe leher ke dalam kolam itu. Wuiiihhhh…enak banget, trus kepalanya nyender di pinggiran kolam renang, mantab deh…
Di wangsadipa juga dilengkapi kantin penjual makanan/minuman, ada bakso,somay,es krim, es kelapa muda, dll. Tapi tentu aja harga makanan/minuman di tempat rekreasi tersebut diatas standar. Untung nyokap bawaian bekel nasi sama empal, telur dan tempe orek. Mantab deh abis berendem makan banyak, tapi abis itu kita nyemplung berendem lagi, hehhehe

Keluar dari Sari Ater jam 14.30, waktu diparkiran beli strawberry sama nanas. Strawberry nya manis2, Rp 10.000 dapet 3 bungkus, kalau Nanas ada yang Rp 20.000 dapet 3 nanas yang besar atau 7 nanas yang kecil2. Selanjutnya kita menuju ke Bandung lewat Lembang, sambil nyemil stoberry sambil menikmati pemandangan perjalanan lembang yang indah 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s