Munggahan

Munggahan, mungkin masih asing mendengar kata-kata itu, kalo waktu gw di Bogor biasa disebutnya cucurakan, yaitu semacam tradisi makan bersama sebelum memasuki bulan ramadhan. Munggahan atau cucurakan ini SAMA SEKALI bukan sunah, dan saya sendiri nggak tau asal muasal terciptanya tradisi munggahan ini bagaimana. Tapi lama kelamaan melekat menjadi suatu kulturul sebelum Ramadhan.

Hari ini kantor saya mengadakan munggahan juga, sorenya teman-teman dari kantor yang lama juga ngajak buat ngajak munggahan jg. Wah…. pokoknya hari ini makan banyak dan enak..hihihi… (gw sama sekali nggak ngerti hubungan makan-makan ini dengan bulan puasa),  Eniwais seperti dibawah ini liputan muggahan saya hari ini.

Munggahan Kantor
Jam 9:30 di ruang pertemuan lantai 1, seluruh pegawai kantor kumpul. Menu munggahannya istimewa, yaitu AYAM KALKUN wah. jarang-jarang di indo bisa menikmati ayam kalkun. Dan si ayam kalkun ini yang masak langsung si Ibu Pimpinan Satker saya loh..Kalo di US ayam kalkun/turkey ini biasanya dimasak pada saat thanksgiving day, pada hari itu ada tradisi ucapan berterimakasih atas rekezi yang kita peroleh dengan bersama berkumpul keluarga menyantap ayam kalkun yang dipanggang. Ayam kalkun ini biasanya disajikan dengan hasil-hasil pangan  bumi lainnya, seperti sayuran, ubi, kentang yang direbus. Tapi khusus munggahan kali ini ayam kalkun di temani spagethi dan kentang goreng. Rasa ayam kalkunnya enak, empuk seperti daging ayam, tapi lebih lembut dan lebih lebar-lebar.

Munggahan dengan teman kantor lama
Pulang kantor jam 17:30 langsung menuju kantor saya yang lama, yang terletak dikawasan bundaran HI. Jam 19:00 teng saya baru sampai sana. Rencananya kita mau makan yang deket aja di EX, tapi karena ga tertarik sama tempat makan di EX, lalu akhirnya kepikiran ke Duck King. Restoran China dengan spesialis bebek dan seafood-seafoodan. Karena Duck King adanya di GI, terpaksa kita harus olahraga di malam hari, jalan dari EX lewat PI untuk nyampe ke GI. Duck King ini ada di east mall nya grand Indonesia lantai 4. Resto nya luas, menu makanannya banyak dan ada foto-foto menu nya juga. Buku menu nya segede gaban, Karena HP saya lowbat jadi ga bisa foto-foto dari HP saya, makanan yang kami pesan :

SOUP
Karena Tom Yam udah biasa akhirnya kami pesen
– Sup Haiti (kalo ga salah), Sup seafood isi cumi, kepiting, gurita –> enak sup nya gurihhh ) Segerrrrr!!!! Recomended banget!!!.
– Sup apa gw lupa namanya, dua macam sup berisi seafood dijadiin satu, warnanya oren dan putih. Katanya yang warna oren itu pake campuran telur kepiting. Meskipun isi nya daleman2 gitu tapi sup ini sama sekali ga amis.

DUCK
Roasted Duck –> Bisa pesen buat 1/2 bebek atau 1 bebek. Karena kita berenam jadi pesen 1 bebek. Rasanya : wah saya nggak begitu suka bebek sihh. tapi lumayan lahh enyak… Dagingnya lembut, tapi bumbunya berasa agak kurang meresap..heheh.. Mungkin pas kurang lama ngunkep nya kali ya…
Saran : Pesen 2 jenis menu bebek yang berbeda tapi 1/2 – 1/2 biar bisa nyicipin banyak menu.

DIM SUM
Karena uda kemaleman dim sum nya abis…huahh sebel…padahal kan dim sum disini enakk..

SQUID
Deep Fried Squid with Chili and Pepper –> Ini cuminya enak… berasa banget, 1 porsi ada 6 cumi yang uda di goreng pake tepung berbentuk kotak gitu seukuran tempe mendoan, terus atasnya ditaburin lada dan cabe, Ini enak lohh…

VEGETABLE
Watercress in spicy shrimp paste (Kangkung Terasi) –> Enakkkk…

RICE
ada 2 pilihan nasi, nasi putih dan nasi hainan. Saya lebih suka nasi hainan. jadi saya pesen nasi hainan. nasi hainan tuh nasi pas dimasaknya di campurin bumbu2, ga beda jauh si hasilnya sama nasi uduk ala indo, kalo nasi uduk pake santen, kalo nasi hainan pake kaldu ayam

FISH
Untuk ikan kita pesen kerapu asam manis –> Not recomended dan muahal lagi. FYI harga kerapu yang tadi kita makan setengah jeti. Padahal sumpah ga enak banget. Ikannya sih enak, berasa gurih, tapi saos asam manis nya itu loh yang ga enak dan aneh banget. Terlalu asam dan terlalu manis, tapi dua rasa itu ga nyatu. Kalo kata temen gw, bau dan rasanya kaya kain lap basah yang apek gitu… hahahhaha…

DRINK
Minuman gw pesen strawberry-iced tea –> teh rasa strawberry.–> lumayan menyegarkan
Lemon squash nya juga enak, atau duck king squash nya.. segerrrr…

DESERT
tadi nya mau pesen es krim goreng coklat tapi ga jadi… hehhe.. akhirnya pesen…avocado mouse, es jeruk bali campur mangga (seger asem2nya), dan es campur ada strawberry, kiwi, anggur, jeruk bali..

Huaaahh kenyang banget deh pokoknya, pas bayar total-total, makan ber-6 abis satu setengah juta.. gubrakkkk…. untung gretongan.. hihihi, jadi kalo dulu ada event weeding, kan suka dikasih ocha (tip) gitu buat sales wedding nya nah itu sama sales weddingnya dimasukin ke uang kas buat acara makan-makan kita. hihihi.. baik banget ya sales wedding ya…

Leave a Reply

