Jogja Loving City

Daerah Istimewa Jogjakarta, this place was special to me too, entah mengapa gw gak pernah bosen mengunjungi kota ini. Secara silsilah Alm. kakek dan nenek baik dari ayah dan ibu saya adalah keturunan jogja.Jadi seringkali setiap lebaran, tahun baru atau liburan saya berkunjung kesana.

Ada beberapa tempat yang selalu saya kunjungi ketika di jogja (di luar tempat untuk wisata kuliner) :
1. Rumah Alm. Eyang –> di Danukusuman , deket lempuyangan, gang di depan bioskop mataram

2. Rumah Bude Siti -> Suryowijayan, Pojok Benteng, deket alun alun, kaka pertamanya dari bokap

3. Rumah Eyang Noto–> Eyang ini orangtua dari bude (kaka iparnya papa), sama-sama orang danukusuman dan deket sama papa mama jadi kalo kesana ke jogja pasti mampir kesini. tempatnya di daerah danukusuman jg, deket wisma rendra
4. Pasar Beringharjo -> di Jl. Malioboro – Buat belanja baju batik, daster, dan all about batik deh, pedagangnya buanyaak bgt, kalo pas lebaran jalannya susah, kaya tanah abang gt. terus di lantai 2 nya suka mampir juga buat beli krecek,paru,abon,sama wedang jahe. Abis selesai belanja terus makan di depan pasar ada pecel dan mie goreng,tempe tahu bacem, capjay(kaya risol gt) pake bumbu kacang sambil minum es dawett.. huaaa…segeerr bgt rasanya
5. Mirota Batik Malioboro–> Ini tempat lengkap dan unik bgt, banyak household lengkap di sini, dan segala macam yang di jualnya ini ala jawa gt, nampan, tempat tisu, lampu, piring, tas, baju2, pokoknya lengkap deh. ampe larik(buat nyuci baju batik) juga dijual.. biasanya kalo kesini sekalian beli lulur juga6. Malioboro –> dulu semangat banget kalo mau kesini, tapi makin gede makin biasa aja, barang2 yg dijualnya itu2 aja ya ternyata, heehe..dan disini nawarnya harus gila2an, soalnya pedagangnya jg masang harga gila2an. Biasanya kalo nawar gw tawar 1/3 atau 1/4 dari harga yang dikasi,terus nanti tawar menawar dan dapet harga 1/2 atau 1/3 nya. hehe.barang2 yg gw dapet disini adalah hasil cuci mata bukan karena karena kebutuhan pengen beli.

7. Sunmoran UGM –> Sunday Morningan UGM cuma ada kalo pas hari minggu pagi, kaya pasar kaget gt, jualan berbagai macam jenis barang..seneng deh kalo kesini rame dan murmer soalnya, dan banyak tukang jajan nya juga…gw lebih suka ke sunmoran daripada malioboro, heehehe

8. Alun-Alun Jogja-> alun2nya ada 2, yg selatan sama utara, tp gw ga bisa bedain mana yang utara mana yg selatan..hahaa.. yang pertama yg deket malioboro, biasanya gw kesini malem2 buat maen dan lihat petasan bareng sodara2 gw, terus minum wedang ronde..makan sate atau angkringan..huaaa..enakk bgt, alun-alun yang kedua yg deket rumah bude siti, disitu ada penyewaan sepeda buat digoes 2 sampai 3 orang, terus kalo malem sepedanya bisa nyala ada lampunya, tapi belum sempet nyobain sepedannya deh..hiks
9. Pantai Depok–> pantai ini lebih bersih dan lebih sepi daripada pantai parangtritis, tempatnya sebelum pintu masuk parangtritis belok kanan, ikutin jalan terus aja nanti masuk ke pantai depok. Yang lebih indah lagi ada pantai baron atau kukup tapi lumayan jauh jg dari jogja, arah mau ke gunung kidul, Dulu gw pernah ke baron pas lebaran..wualaaah kaya ikan teri..panas dan rame bgt10. Tempat nyekar –> eyang uti dan eyang kakung dari mama di Taman makan TMR Jl wates km7, kalo makam ayahnya papa di cangkringan, desa duwet, wukir sari.

11. Monjali dan Kantor pos jogja–> Spot ini biasanya gw pake buat foto2 kalo lagi kumpul sama sodara2..

Untuk makanan yang jd favorit saya :

1. Gudeg Yu Djum –> sumpahh ini gudeg enak bgt, kerecek, gudeg, telor dan ayamnya pas bgt rasanyaa.. huaaa..enakkk bgt dehh. kalo gw kesana pasti ramee Yu djumnya

2. Rumah Makan Muara Kapuas –> Ini di Jakal KM, 15, deket UII, makannya seafood gt. Tempatnya nyaman buat makan keluarga, luas dan bersaung2 gt, ada tempat bermain anak2nya juga. Ini tempat makan favorit dari keluarga papa. Kalo pada abis nyekar ke daerah cangkringan selalu mampir kesini. Dan ada paket2nya juga loh.. harga paket untuk makan berempat mulai dari 40rb-75rb. di paket itu uda ada ikan,cumi,ayam,sayur,nasi dan minum, murahh dan enak deh..


3. Bakmi kadin

Bakmi ini deket superindo, gw ga tau deh jalannya jalan apa, tapi ini bakmi enak loh..Harga jualnya lebih mahal dari bakmi lainnya, soalnya telor yang di pake telor bebek disini,

4. Bakso Jogja yang ada tahu gorengnya

Gw suka banget bakso jogja yang ada tahu gorengnya..seberernya sih gw lebih suka tahu gorengnya terus pake kuah baksoo gitu..wah nikmat bgt…di jakarta jarang ada yg jual bakso pake tahu goreng..

5. Cak Koting
Ini tempat makan rameee bgt, tempatnya ga jauh dari rumah eyang, tinggal jalan bentar nyampe, favoritnya disini bebek, tapi karena ga suka bebek ya pecel2 ayam gitu aja makannya, sama cah kangkung

6. Bakpia Kurnia Sari
Bakpia ini enaak bgt, apalagi yang rasa keju. Tapi sayang pas lebaran kemarin belum buka, ada 2 tempat jualnya yg gw tau, yang 1 di glagah sari, yg 1 di pogung deket ahmad dhani school rock of music. harganya lebih mahal emang dari bakpia yg di daerah pathuk lainnya, tapi di jamin tiap gigitannya itu ga akan nyesel, favorit gw bakpia kurnia sari yang rasa keju. yg isi 15itu kalo ga salah harganya 23rb, kalo yang isi 20 harganya 35rb.

7. Doring
Ini tempat kaya bakmi2 dan nasgor gt, didaerah suryowijayan, rasa masakannya biasa aja, tapi entah kenapa rame mulu ni tempat. Biasanya kalo ditempat bude, malam laper kita suka pada jalan kesini.

yang pengen gw cicipin itu Iga bakar sama jejamuran yang dijakal. Terus berdasarkan rekomendasi dari titi dan nidya ada salon larisa di deket kopma UGM, kmrn baru pertamakali tau tempatnya, rameeee bgttt jadi nggak jadi..nanti kalo ke jogja lg mau kesana ah,,

I jogja

http://ubur2pilek.multiply.com/journal/item/85/Jogja-Loving-City

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s