Global Positioning System

Global Positioning System (GPS) adalah suatu gadget untuk menunjukan arah suatu tempat/posisi dengan bantuan sinyal satelit. Gw baru mengenal gadget GPS ini pada saat gw mau ke salah satu tempat wisata di Jawa Barat tapi nggak tau jalan menuju kesana. Tiba2 ada tetangga gw, sebut saja bapak NS yang menawarkan minjemin alat ini. pendapat gw mengenai alat ini : “This gadget is really sophisticated and helpfull, I love it”.

Sumpah gw norak banget begitu make alat secanggih ini, hahahaha… , merek GPS nya GPS Super Spring SF410 (for more info about this type please click here). Gw gak tau selain merek itu ada merek GPS apa lagi, dengan merek itu gw uda cukup terKAGUM-KAGUM. hahhahaa… Harganya sekitar Rp 800.000,-an sudah termasuk dengan alat penangkap sinyal satelit dan chargernya.

Selain memberi tahu jalan mana yang harus di lewati untuk mencapai tujuan, alat ini juga menghemat BENSIN dan menghemat WAKTU. Karena alat ini bisa nunjukin jalan mana yang tersingkat untuk sampai tempat tujuan dan kalau nggak mau lewat jalan yang ditunjukin juga bisa ngasi info tentang jalan alternatif lainnya. yang bikin gw cekakak cekikik dimobil, GPS ini juga ada suaranya.. suara cewe gt.. hahaha..gw jadi inget kamus alfalink. Misalnya alat ini akan bersuara “Siap-siap belok kanan 800 meter lagi”, “Setelah 100 meter belok kiri”, kalau kelewatan dan masih bisa melewati jalan lainnya GPS nya bersuara “Ambil belokan kekanan berikutnya”. Kalau uda terlalu jauh nyasarnya GPS nya akan bersuara “Ambil belokan kekanan berikutnya dan belok kanan lagi” a.k.a “puter balik”. Kalau kita kecepetan jalannya GPS nya bisa bersuara ” Anda melebihi batas kecepatan” (untuk kecepatan sebelum memulai rute bisa disetting dulu mau ambil yang cepet-sedang-pelan).

Cara menggunakannya pertama kita tempelin antenanya di kaca depan mobil buat nangkep sinyal satelitnya. Lalu di gadget nya kita set destination mau kemana, semua kota di Indonesia yang terlacak satelit bisa dijangkau. Tempat wisata, restaurant, toll, masjid semuanya tinggal kita ketik aja di kota mana dan “find by name”. terus tinggal pencet “Go!!” maka nanti keluar Peta/rute yang harus kita lalui dari posisi kita sekarang, pokoknya kaya main NFS (Need for Speed) deh. Terus udah deh nanti alat itu akan bersuara sendiri.

di GPS nya itu juga bisa di zoom out atau di zoom in, tentu aja kalau di zoom in petanya akan semakin jelas, dia bisa ngebaca lokasi pom bensin jg. Mantab deh pokoknya, di situ jg tertera berapa kilometer lagi dan berapa lama lagi waktu untuk bisa tiba di tujuan. Kalau udah mau nyampe dia akan bersuara “Siap-siap anda akan sampai ditujuan 300 meter lagi” dan kalau udah nyampe jadi “Anda sudah sampai di tujuan”

Tadinya gw gak percaya masa sih ada alat se-high tech ini, tapi ternyata bener loh bener2 helpfull, alat ini bisa nunjukin lewat mana lewat mana. Pas gw kebandung, gw kan cuma tau nama tempat tapi gak tau jalan menuju ketempat tersebut gimana, secara bandung jalan nya muter-muter dan banyak yang 1 (satu) arah. Ternyata si GPS ini berguna banget, dia tau loh mana jalan yang 1 (satu) arah, jadi gw gak nyasar2 lagi deh pas ke bandung.

Kelemahan alat ini dia sangat bergantung pada SINYAL SATELIT. Pernah tiba2 gadget nya bersuara “sinyal hilang”. Gw gak tau kiat2 apa supaya dapet sinyal yang bagus, tapi nggak lama ko ilang nya, hhee.. eniwais dengan segala kenorakan gw, gw sangat berterima-kasih kepada semua pihak yang telah membuat dan mengembangkan alat ini…hihihi

Leave a Reply

