Meet the Dentist

Seneng deh kalo abis bersihin karang gigi, jadi pengen senyum senyum terus..
Giginya jadi bersih, enteng dan fresh aja. Hari ini kebetulan gak banyak kerjaan, jadi gw bisa izin ke dentist bareng mba hani. and seriously, menjaga kebersihan dan kesehatan gigi itu adalah penting.

Dari kecil ampe sma, gw bukanlah termasuk orang yang rajin menggosok gigi sebelum tidur, paling gw gosok gigi pas mandi aja, dan itupun asal2an gosok gigi nya. Alhasil karang pada numpuk di gigi, dan kebetulan jarak antar gigi gw ga begitu rapet dan ga begitu renggang, jadi sisa2 makanan sering banget deh nempel disitu. Pas pertama kali gw bersihin karang gigi tuh karang yang gw timbun dari kecil pada rontok semua. Jorok banget ternyata. dan karang gigi itu bisa merusak gigi kita loh..bisa menyebabkan gigi cepat rapuh, plak pada gigi, bau mulut dan radang gusi.

Ngebersihin karang gigi gak seserem kalo cabut gigi ko. Ga sakit cuma sedikit ngilu aja,apalagi pas alatnya kena gigi deket gusi. Biasanya prosesnya sekitar 45 menit ampe 1 jam. di korek2 atas bawah ampe pelosok2 karang giginya. Nanti bentar2 kumur buat ngeluarin kotoran nya, sama dimasukin selang ke mulut kita buat nyedot air liur kita yang keluar. kalo udah selesai kita disuruh kumur2 sampai bersih trus dikasi cairan lagi buat kumur2 selama 1 menit.

Meet the dentist hari ini selain membersihkan gigi gw, juga mendiagnosis bahwa gw terkena RADANG GUSI alias gusi mudah berdarah atau bahasa jawanya GINGIVITIS. beuuh emang sih dari dulu gusi gw kadang2 kalo ketusuk dikit suka berdarah, kalo gosok gigi juga kadang2 gitu. Akhirnya dikasi obat, antibiotik sama obat kumur biar ga tambah parah radang gusinya.

ternyata kalo dibiarin makin parah,pengaruhnya bisa ke jantung, persendian, kehamilan dan lain nya. Ihh serem juga ya.

selidik punya selidik dari om google, penyebab radang gusi itu bisa disebabkan oleh :
1. Kotor nya gigi/ tidak memperhatikan kebersihan mulut, karang gigi dan sisa makanan mengalami pembusukan dan gusi mengalami pembengkakan.
2. Kesalahan dalam mengosok gigi
3. Sering merokok, stres, faktor genetika, kurang mengkonsumsi vitamin c dan timbulnya plak.

well, untuk mencegah dan mengobati radang gusi sebaiknya:
1. Gosok gigi sebelum tidur dan kumur2 yang bersih sehabis makan.
2. Pergi ke doktor gigi minimal 6 bulan sekali untuk scalling/bersihkan karang gigi dan cek kesehatan gigi
3. Apabila minum antibiotik harus dihabiskan sampai habis
4. Banyak mengkonsumsi vitamin c, dan sayur2an, katanya brokoli bagus untuk mencegah radang gusi loh.

Untuk biaya scalling biasanya sekitar 100rb-200rb tergantung kekotoran gigi kita. Gw pernah nyoba juga bersihin karang gigi di puskesmas cuma 20rb sih, tapi ga begitu bersih karena cuma 15 menit doang. Tadi untungnya si dibayarin dari kantor, karena kantor gw ada kerjasama sama clinic itu buat medical cek-up pegawai baru dan medical check up rutin semua pegawai setaun sekali. Jadi tinggal tanda tangan aja gw,

Kalo nanti pas uda jadi PNS, kayanya ga bisa geretongan lagi..hikkss…tapi harus tetap disisihkan untuk kesehatan. anyhow mencegah lebih baik daripada mengobatikan. senyum gigi bersih lagi ahh..

Originally post at http://ubur2pilek.multiply.com/journal/item/21/Meet-the-Dentist

Leave a Reply

