Salam Diklat Prajabatan

Salam diklat Prajabatan !!!!
> Jawab : Disiplin !!!!Jargon itulah yang terus tergiang di kepala gw 1 bulan terakhir selama mengikuti diklat prajabatan. Diklat Prajabatan adalah salah satu persyaratan untuk menjadi PNS disemua instansi pemerintah, termasuk LIPI. Tujuan utama nya adalah untuk mempersiapkan CPNS agar lebih mantab menjalankan tugasnya sebagai abdi negara, disiapkan dari segi sikap, kedisiplinan, nilai2, etika dan juga semangatnya.

DATE AND VENUE
Kegiatan prajab ini dilaksanakan tgl 23 Jan – 14 Feb 2011 setelah itu lanjut orientasi tgl 15 – 18 Feb. Untuk kegiatan diklat, LIPI punya tempat khusus sendiri namanya PUSBINDIKLAT, letaknya di kawasan Cibinong Science Centre (CSC). Sarana dan Prasarana nya lumayan oke ko, untuk penginapan nya setaralah sama hotel bintang 2. Satu kamar terdiri dari 4 orang, kamar mandi dalem, full AC, TV, & air panas.

PRAJAB LIPI GELOMBANG 1
Dikarenakan suatu hal yang panjang dijelaskan disini, prajab angkatan saya harus dibagi menjadi 2 gelombang. Jumlah peserta prjab golongan 1 ada 97 peserta dan dibagi menjadi 3 kelas, kelas A, B dan C.

CIRI2 SELAMA PRAJAB
Pakaian kemeja putih rok hitam lengkap dengan lencana korpri Rambut harus diKEPANG RAPIH, rambut yang ngacir harus dijepit.pakai name tag kemanapun.

PRAJAB NGAPAIN AJA SIH? Foto2 doang yah😀


> Jam 05.00 pagi harus uda kumpul di lapangan buat olahraga, kalo selasa & jumat olahraganya dipimpin TNI, lari disekitar CSC, terus lanjut senam dan push up. Jargon senam “SIKAP POKOK”. Kalo hari lainnya, biasanya senam dulu bareng terus bebas, ada yang maen futsal, tenis meja, ngegosip ampe foto2

> Jam 06.00 makan pagi di aula yang merangkap fungsi sebagai ruang makan. makanan nya buffet, tapi dibagi perkelas A,B & C. dan SEMUANYA HARUS KEBAGIAN.Jadi harus sadar diri juga.
Menu makanan –> lumayan lah masakan sederhana tp bumbunya pas.

> Jam 07.30 setelah selesai sarapan, mandi dan siap2 untuk apel pagi. Lengkap dengan topi dan lencana korpri.

> Jam 08.00 – 10.15 Jam pelajaran
> Jam 10.15 coffee/tea break
> Jam 10.30 – 12.45 masuk jam pelajaran lagi
> Jam 12.45 Isoma
> Jam 13. 30 Lanjut materi
> Jam 15.45 Coffee/tea break
> Jam 18.15 MAKAN MALAM
> Jam 20.00 istirhat/baca modul buat materi berikutnya/ acara dadakan dari panitia ampe jam 10 mlm

MATERI DIKLAT
Ga jauh2 dari politik, hukum, sejarah dan permasalahan bangsa..betapa puyengnya gw sebagai orang awam harus berkecimpung di hal2 tersebut. Pengajar (Widyaiswara) ada yg dari LIPI, LAN, ristek, kementerian agama. Materi dilakukan dengan ceramah dan sehabis makan siang dilanjut dengan diskusi. Judul materi : Etika organisasi pemerintah, budaya kerja, team bulding, baris berbaris, tata upacara sipil, mind setting PNS, percepatan pemberantasan korupsi, manajemen kepegawain negara, pelayanan prima, good governance..dll..ada 14 materi totalnya.

PESERTA PRAJAB
Great friends..dikelas gw ada 33 peserta dari satuan kerja dan daerah yang berbeda2.Banyak yang uda S2 dan ada yang S3 juga. that things memicu gw untuk bisa lanjut kuliah lagi. Mereka teman2 yang hebat dan punya keunikan. sayang waktunya cuma 3 minggu. nice to meet u all

PENILAIAN
prajab bukan berarti seneng2 doang..tapi juga ada penilaianya 60% dari disiplin, sikap, keaktifan dikelas dan 40% dari ujian tulis terkait dengan materi prajab.

VOTING KELAS (Versi gw)
No offense buat kriteria yg nggak oke —

1. Terkocak –> Bukky
mahluk paling kacau dikelas gw.. sumpah gw ga boong!! radius 5 meter deket dia pasti lo akan ketawa

2. Terpopuler –> Sohfi
secara ketua kelas dan banyak beredar kemana2, selain terkenal sebagai ketua kelas, suranya dia juga bagus lohh..

3. Terseleb –> Dinar
Cowo pendiem dan antisosialis asal gunung kidul ini mirip sama fauzi baadilah. tapi melalui prajab sedikit mengubah pandangan dia tentang teman, dia mulai gabung dengan anak2.. friendship is good things in life ko dinar..

4. Tertidur –> banyak nih nominasinya ada pandu, dinar, shofi, diah. secara abis olahraga trus materi pada ngantuk semua. Minyak angin ayu muter2 dikelas supaya dihirup biar seger nggak nggantuk

5. Terwibawa –> Mba endah
Sebagai seorang wanita, ibu, dan peneliti

6. Terajin –> Sakti
Catetan paling lengkap, buku catetan yg dikasi aja dia uda mau abis, selalu dateng awal sebelum kegiatan dimulai, orangnya sistematis, no wonder ipknya 3.98

7. Terapih –> mas adit
Selain jadi PNS, kayanya mas adit bisa buka job sampingan jadi sales atau ustad. kalau bicara pelan, teratur, sales bgt deh. paling rapih..kemeja ga pernah lecek n berantakan.

8. Terjayus –> saya lupa waktu itu ngisi siapa

9. Teramah –> Mas nurrohman
Senyam senyum mulu..apalagi pas orientasi pas bareng sama calonnya

10. Terjutek –> nggak ada..kalo dari poling kelas banyak menominasikan senti sama mba lina..

11. Best Couple –> Bukky & Kusnandar –> bagaikan komeng sama adul..serasiii banget…hehehe..

tambahan poling dari anak2 :
– terjelek –> Bukky (hahahhaha)
– Terbesar –> mas ario.

CLOSING
Last day pas penutupan prajab kebetulan saya berulang tahun, memperingati hari bahagia disaat yang sedang bahagia, di tengah2 penutupan Prajab di panggil Pak Sekretaris Utama LIPI buat kedepan, untung ga dikerjain dan dapet kenang2an gelas cantik juga dari pusbindiklat *mungkin karena gw cantik, jd dikasi gelas cantik* #muntah, dan ternyata juga gw dapet peringkat 4 besar di kelas.  Inilah yang gw heran…Kooo bisa??…*hadiah ulang tahun maybe

KESAN
Luuuaaarrr biasaa,,, a nice moment to remember.. laugh, love, joy, joke, happiness.. Semoga dengan awal yang baik dan bahagia ini..kita semua bisa menjalankan tugas sebagai abdi negara dan pengayom masyrakat dengan baik juga.:)

BEST PICTURE

Originally post at http://ubur2pilek.multiply.com/journal/item/26/Diklat-Prajabatan?replies_read=4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s