Needle Experience

Well..sebenernya udah dari dulu saya punya niat baik untuk jadi pendonor darah. Namun mengingat, menganalisis dan menimbang bahwa saya punya ketakutan yang besar terhadap JARUM SUNTIK maka saya memutuskan untuk menunda niat baik tersebut.

Sebenernya tidak ada suatu kejadian yang membuat saya trauma dengan jarum suntik, sewaktu kecil, memang saya selalu menangis ketika disuntik. Saya ingat sekali sewaktu saya duduk di kelas 6 SD, ada imunisasi di lakukan di sekolah, saya sudah berniat untuk bolos sekolah, tapi Mama tetap memaksa sekolah dan berjanji untuk menemani saya ketika di suntik. Dan saat waktu imunisasasi tiba, saya menangis meminta untuk pulang. Akhirnya setelah dipaksa barulah saya mau di imunisasi. Ternyata dari 1 SD saya, yang menangis saat disuntik cuma 2 orang, saya dan siswa kelas 4 SD.

sewaktu saya tingkat 3 kuliah, saya terkena radang hati dan harus dirawat dirumah sakit selama 8 Hari. Saat mau diinfus pertama sampe 3 kali tusukan baru berhasil. Setiap hari saya ditusuk untuk diambil cek darah. Setiap 3 hari infus pindah tangan dan berarti saya harus ditusuk lagi. Pulang dari rumah sakit saya membawa oleh2 11 bekas tusukan jarum yang banyak di tangan saya. Sampai saya akhir nya berjanji untuk menjaga kesehatan diri baik2, karena sumpah masuk rumah sakit itu TIDAK ENAK.

Lulus kuliah, saya ikut tes medical cek-up sebagai salah satu seleksi di tempat kerja saya sekarang,dan ada tes darah juga. 3 kali tusukan jarum suntik pun mendarat di tangan saya. Karena 2 tusukan pertama darahnya tidak keluar. Setiap orang yang mengambil darah saya pasti selalu bilang kalau pembuluh darah saya kecil, jadi kalau mau di ambil darah juga harus pakai jarum yang kecil untuk anak-anak, karena ukuran jarum biasa orang dewasa lebih besar dari pembuluh darah saya sehingga darah nya tidak keluar.

Semua pengalaman tusukan2 JARUM SUNTIK itu akhirnya membuat saya menjadi tidak terlalu takut dengan jarum suntik. Sampai akhirnya kemarin Ayah yang memang rutin dari dulu mendonor darah nya menawarkan saya untuk jadi pendonor darah juga. Karena selain darah kita juga sangat berguna bagi orang yang membutuhkan, donor darah juga bisa melancarkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh.

Akhirnya pagi itu saya berniat bulat-bulat untuk mencoba menjadi pendonor darah. Niat nya pun di dukung oleh Ayah yang mau mengantarkan saya ke PMI DKI di jalan Kramat Raya Salemba. Selama perjalanan sempat berharap semoga PMI nya tutup. Ketika Turun dari Mobil rasanya deg2an, sakit perut, pengen kaburr rasanya. Akhirnya di daftarkan juga sama Ayah kebagian registrasi nya. Saya pikir kalau kita mau donor darah ya langsung diambil saja darahnya. Ternyata harus di cek dulu Hemoglobinnya (Hb) apakah bisa digunakan untuk donor darah atau tidak.

Alat pengecek Hb nya adalah alat tusuk yang dijari yang untuk mengetahui golongan darah itu, waaa…berarti ditusuk nya bukan cuma sekali dong!!..Pas suster nya manggil nama Dewi Indah,.badan berasa lemess, sebenarnya bukan jarum suntik atau melihat darah yang membuat saya lemas, tapi bau obat rumah sakit dan alkohol yang membuat badan saya menjadi lemas. Dannn..ternyata jari saya ditusuk, Hb saya bagus dan OK darah nya untuk di donor.

Akhirnya saya masuk keruangan dokter, diperiksa tensi 110/70, setelah itu baru masuk ruangan donor. Saya tiduran di tempat tidurnya dan JARUUUMM SUNTIIK NYA BESAAARRR… waaa…muka saya sudah meringis merenges..suster dan Ayah meyakinkan kalau itu tidak sakit. yeah…sakit si sakit, tapi mungkin orang yang membutuhkan darah jauh lebih menderita menahan rasa sakitnya. Oke tusuk saja. Dan 10 menit kemudian darah saya 250 cc sudah berada dikantong darah. Kata suster nya, mengalirnya memang tidak terlalu cepat karena pembuluh darah saya kecil. Sempat merasa puyeng-puyeng keliyengan dikit si, namun setelah tiduran beberapa saat seperti normal lagi.

Alhamdulilah akhirnya saya bisa juga ikut donor darah. Mudah2an bisa rutin kedepannya setiap 3 bulan sekali. Amin.

Lalu saya dibuatkan kartu pendonor, dan diberikan susu coklat panas, telur rebus dan roti untuk dimakan. Yeaah..senangnya…

Happy Day…^^

Ayo..Donor kan darah kalian juga!!!

Originally post at here in May 9, 2010, 18:27

Leave a Reply

