A long Journey is always begins with the first step

Alhamdulilah, tangal 11 Nov kemaren sudah selesai pemberkasan, tinggal menunggu SK CPNS nya turun dan mulai aktif bekerja di awal 2011. Sebenernya gw juga tidak terlalu berharap untuk diterima CPNS di LIPI, karena gw pingin keterima CPNS di kementerian Perdagangan/Keuangan. tapi kata Bokap yang penting judulnya Pegawai Negeri Sipil. Ya sudahlah..

Saya diterima untuk formasi Analis kepegawaian (penempatan di Pusat Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (SMTP) di Puspitek Serpong. ada 3 formasi yang dibuka untuk jurusan manajemen, Peneliti di wilayah kerja subang, peneliti di SMTP dan Analis Kepegawaian di SMTP. ( Gw baru mengerti jumlah formasi ini setelah gw selesai wawancara).

Tapi saya senang mengikuti sistem CPNS di LIPI, karena tidak RIBET. Pendaftaran dan persyaratan serba ONLINE. Cukup menscan ijazah,transkip, dan foto, serta abstrak skripsi. Selanjutnya semua di dipantau secara online.

13 Oktober 2010
Pendaftaran online. 15.853 orang pendaftar. Formasi yang dibutuhkan HANYA 176.

18 Oktober 2010
Lulus verifikasi administrasi. Di saring menjadi 8.139 Pelamar

19 Oktober 2010

Pengumuman pelamar yang berhak ikut ujian tertulis. Pelamar yang berhak ikut ujian tulis adalah 15 pelamar dengan rangking teratas untuk masing-masing formasi. Sisa pelamar : 1.736 Pelamar

22-24 Oktober 2010

Verifikasi berkas dan pengambilan nomor ujian tulisan. Alhamdulilah pas weekend jadi kerjaan kantor ga terlantar. Please see my exam pass card  :

26 Oktober 2010

Ambil libur. Tes di Tennis Indoor Senayan. Barengan sama yang ikut tes CPNS Ristek & BSN. Pagi-pagi jam 6 dianter bokap naek motor supaya ga kejebak macet. Alhasil Tes JAM 8 (mulai jam 9), JAM 7 teng uda nyampe. takjub banyak banget orang yang ikut tes. Sambil menunggu 2 jam mulai tes, setelah menemukan tempat duduk tes gw, gw pasang headphone sambil dengerin MP3 dan ternyata gw ketiduran…hahaha..tidur dalam keadaan duduk.. *moga2 saat itu gw ga ngorok/ngeces* #ngook secara badan gw pegel dan mata ngantuk banget gara2 semalam baru nyampe rumah jam setengah 11 gara2 terjebak musibah Jakarta Macet Luar biasa sehabis ujan. Bangun-bangun jam 9 kurang, mata gw seger bwt ujian..^_^

28 Oktober 2011

Pengumuman peserta yang lulus ujian tulis dan berhak ikut psikotes dan wawancara. Nilai hasil ujian nya pun juga terpasang. Alhamdulilah gw lulus ke tahap berikutnya. Jumlah pelamar yang dipanggil psikotes dan wawancara adalah 5 pelamar dengan nilai teratas untuk masing2 formasi. Semangat 1:5, sisa jumlah peserta 750 0rang.

30 Oktober 2011

Save by weekend!! Psikotes hari sabtu, jadi gak perlu ambil libur di kantor. Berangkatlah psikotes ke LIPI di Gatsu, dianter bokap-nyokap. Sempet salah gedung..hehhe..padahal udah telat..dan ternyata soalnya di LAYAR bukan di KERTAS. Gw cari bangku gw, dan ALHAMDULILAH gw dapet bangku baris PALING DEPAN. Tapi tetep aja, minus mata gw semakin parah dan gw GAK BAWA KACA MATA. GAWAT!!.. Mana ga bawa papan alas tulis, akhirnya pake Ijazah yang di laminating sebagai alasnya. Unprepared banget. alhasil selesai psikotest mata gw SAKIT karena selama 1 JAM PSIKOTES mata gw, gw minying2in terus supaya bisa keliatan baca soal.

4 November 2011

Wawancara, tadi nya sempet was-was juga gw gak bisa ambil libur dihari itu, karena si Ibu manager juga ambil libur, Orang tua beliau masuk rumah sakit dan beliau harus ke bandung, Namun berkat pengertian beliau, Mba Hani dan Mba wati. Saya bisa juga libur. dan di kantor yang incharge cuma 2 orang saja. Maaf ya,,

Lagi2 saya diantar nyokap-bokap wawancara di Gatsu, macet2an di TOL BEKASI – DALAM KOTA for almost 2 hours instead of a half hour kalo nggak macet. Gw sampai jam 9 Pagi. dengan angan2 siapa yang dateng duluan, bisa wawancara duluan dan gw bisa langsung ke kantor lagi buat kerja. Gw bolak balik halaman skripsi gw, baca2 ulang, karena diminta untuk membawa SKRIPSI pada saat wawancara. yang NOTABENE, gw sudah lupa details tentang SKRIPSI gw. Kenapa harus bawa skripsi si ???? skripsi gw kan ribet

Sampai jam 12 SIANG, GW BELUM DI PANGGIL ???.. uda makan, solat zuhur, ashar, bolak balik kamar mandi masih tetep weh belom dipanggil. ALHASIL gw baru di panggil jam 16.30 Sore. SELAMAT!!.. gw lumutan!!..peserta kedua terakhir yang dipanggil tes wawancara.

SEJUJURNYA pada saat wawancara gw nggak tau gw melamar untuk formasi apa?? yang gw tau gw dari jurusan manajemen dan penempatanya di SERPONG. dan gw sekali lagi kaya orang OON pada saat wawancara. Untung pewawancara nya gak bikin suasana jadi tegang.<

Pewawancara (P). Saya (S)
(P) : Kamu melamar untuk formasi peneliti apa administrasi ?
(S) : Apa aja boleh deh pak, peniliti boleh, administrasi boleh yang peting keterima di LIPI, hehe –> jawab gw cengegesan
(P) : Loh kemaren daftar nya pilih yang mana?
(S) : Hah..emangnya ada pilihan nya ya pak? ko saya nggak tau ya pak?
(P) : Masa sih nggak tau, nih di berkas lamaran registrasi kamu, kamu pilih daftar untuk administrasi<
(S) : Hah ,,iya yak pak ada,,Maaf daftar nya udah lama, jadi lupa –> ngeles
(P) : trus kamu tau nggak, formasi administrasi itu, untuk bagian apa?
(S) : *diem*…. nggak tau pak
(P) : Lah kan ada di website neng,,gak baca details ya..
(S) : *dodol dah gw*… Yah pak, pas registrasi online nya uda malem buru2 lagi, belum sempet liat website nya lagi–> ngeles lagi, p
(P) : ya sudah lain kali lebih teliti, jadi nanti administrasi untuk analis Kepegawaian nya
(S) : iya pak..baik..hehe

Terus si bapak menerangkan tentang kondisi di Lipi, dan menyangkut2 pautkan skripsi gw dengan kerjaan disana. Semua pertanyaan gw jawab semampunya..dan nggak pake ngeles lagi karena ke OONan gw..hehhe

9 NOVEMBER 2011 – “PENGUMUMAN DAY”

Nyokap uda sms terus suru buka website dari kantor, Tapi gw takut. hehe..nanti buka dirumah aja setelah pulang kerja, Hari itu keluarga gw lengkap, ada si ade juga dari jogja yang kuliah nya lagi diliburin akibat musibah merapi..Pulang ke rumah langsung nyalain Laptop dan ALHAMDULILAH PUJI SYUKUR saya lulus..langsung dicium mama papa..hehe..ya sudahlah bersyukur saja, padahal masih pengen nyoba CPNS dikementerian lain. Tapi  kesempatan tidak datang berkali-kali, jadi peluang yang pertama yang saya ambil..

LIPI (LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA) suatu lembaga yang bergerak di bawah Kementerian Riset dan teknologi. selain LIPI ada lembaga ilmiah lainya seperti BADAN STANDARISASI NASIONAL (BSN), BADAN TEKNOLOGI NUKLIR NASIONAL (BATAN) dan lain2nya. So, hal tersebut memungkin gw bisa nyoba bekerja kesana kemari dan masih lingkup PEGAWAI NEGERI.

Denger2, PNS di LIPI, kenaikan golongan pangkatnya bedasarkan KREDIT NILAI, jadi semakin banyak melakukan penelitian akan lebih cepet naik golongannya, jadi nggak perlu nunggu bertahun2, tapi sayang formasi yang saya lamar untuk bagian administrasi bukan untuk peneliti nya,,hehe..bisa botak juga gw kalo tiap tahun kerjaan gw bikin skripsi, bikin satu skripsi buat syarat kelulusan aja uda bikin hidup gw penuh tekanan. Tapi setidaknya, gw punya target yang harus gw capai kedepannya setelah jadi PNS :

– IKUT SCHOLARSHIP MM (Mudah2an bisa dapet yang di luar negeri) amin..
– PINDAH KE LIPI YANG DI GATSU biar deket rumah
– ATAU KALO BISA PINDAH KE KEMENTERIAN RISTEK!!

dan final, the top of most long term goal of a professional should be is to achive the highest position in that place, as a Minister. Hahahaha..gak mungkin banget,,SPSS alat bantu riset aja komplain kalo gw jadi menteri apa lagi rakyat Indonesia. Hahaha..just kidding.. sadar diri lah gw..
Jadi orang yang keberadaannya bisa bermanfaat bagi banyak orang saja final achivement nya..

Originally post at here in November 14, 2010, 1:23

Leave a Reply

